ADVERTISEMENT

7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 12 Jul 2021 08:00 WIB
7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay
Foto: iStock

4. Mengurangi Kerusakan Sel

Bawang bombay mengandung banyak kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat. Bahkan dalam sebuah bawang bombay ditemukan 25 kandungan antioksidan yang berbeda-beda.

Antioksidan ini tidak hanya berguna untuk melawan beberapa penyakit. Antioksidan juga memiliki kegunaan untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Mata

7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay Foto: iStock

Mulut menjadi sarang berkumpulnya bakteri yang masuk melalui makanan. Saat kamu mengunyah bawang bombay, beberapa kandungannya akan membunuh bakteri dan meningkatkan kebersihan mulut. Bahkan kandungan antimikrobanya dapat menguatkan gigi.

Bawang bombay juga mengandung quercetin. Kandungan ini merupakan kandungan yang mampu melawan katarak dan menjaga ketajaman penglihatan mata.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bawang bombay sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami insomnia. Secara ilmiah, penelitian yang dilakukan di University of Colorado membuktikan bahwa konsumsi bawang bombay dapat meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini disebabkan oleh tingginya serat yang dimiliki oleh bawang bombay. Serat yang tinggi tersebut selain membantu perkembangan bakteri baik juga dapat meredakan stres.

7. Mencegah Penuaan dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay Foto: iStock

Bawang bombay kaya akan kandungan vitamin A, C dan E. Kandungan tersebut dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit sehat dan bersih.

Bawang bombay juga terbukti mampu meredakan masalah jerawat pada wajah. Menurut sebuah penelitian, mengoleskan ekstrak gel bawang bombay pada bekas luka terbukti ampuh untuk menyamarkan.

Baca Juga: Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang Bombay



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT