9 Makanan Ini Takaran Sajinya Sering Ditulis Lebih Kecil, Jangan Terkecoh!

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 11 Jul 2021 13:00 WIB
9 Makanan Ini Takaran Sajinya Sering Ditulis Lebih Kecil, Jangan Terkecoh! Foto: Getty Images/iStockphoto/PIKSEL
Jakarta -

Beberapa produk makanan ditulis dengan takaran saji yang lebih kecil. Dampaknya konsumen terkecoh dan berakhir mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang diperkirakan.

Info nutrisi dari takaran saji yang bisa ditemukan pada kemasan makanan seringkali menjadi acuan untuk memantau kalori makanan tersebut. Beberapa orang yang ingin mengetahui berapa jumlah nutrisi, vitamin dan kalori pada makanannya akan cenderung merujuk pada info tersebut.

Sayangnya, beberapa keterangan yang ada kemasan justru memberikan arahan atau pedoman yang keliru. Ukuran yang tertulis pada info penyajian dan fakta nutrisi seringkali disajikan pada takaran saji yang berbeda.

Beberapa ahli gizi bahkan telah memeriksa ulang terkait keterangan informasi nutrisi per takaran saji yang dicetak pada kemasan makanan. Mereka kemudian menemukan beberapa makanan yang ternyata takaran sajinya ditulis tidak sesuai dengan keterangan pada kemasannya.

Berikut ini ada 9 makanan yang takaran sajinya sering ditulis lebih kecil, menurut Huffpost (2/3) :

1. Mie Instan

9 Makanan Ini Takaran Sajinya Sering Ditulis Lebih Kecil, Jangan Terkecoh!9 Makanan Ini Takaran Sajinya Sering Ditulis Lebih Kecil, Jangan Terkecoh! Foto: Getty Images/iStockphoto/PIKSEL

Makanan instan yang dikenal sebagai makanan pokok para mahasiswa dan anak kosan ini ternyata memiliki takaran saji yang berbeda. Mie instan biasanya dikemas dalam ukuran 75-85 gram.

Ternyata mengonsumsi 1 kemasan mie instan sama dengan mengonsumsi 2 porsi mie instan. Keterangan 190 kalori yang ada pada mie instan hanya berlaku untuk setengah bungkus mie instan saja.

2. Kacang Almond

Saat merujuk pada nutrisinya, orang akan makan kacang almond sebanyak-banyaknya. Sebagaimana kacang ini juga direkomendasikan oleh para ahli gizi karena manfaat kesehatannya.

Ternyata porsi untuk sekali makan kacang almond hanya berada pada 12 buah kacang almond. Anjuran makan segenggam kacang almond menjadi porsi yang sangat berlebihan, bahkan bisa untuk memenuhi 3 porsi.

3. Es Krim Rendah Kalori

9 Makanan Ini Takaran Sajinya Sering Ditulis Lebih Kecil, Jangan Terkecoh!9 Makanan Ini Takaran Sajinya Sering Ditulis Lebih Kecil, Jangan Terkecoh! Foto: Getty Images/iStockphoto/PIKSEL

Popularitas susu vegan meningkatkan pamor es krim rendah kalori yang yang diklaim lebih sehat. Es krim nabati ini diketahui dan dipercayai akan lebih rendah lemak dan kalori dibandingkan dengan es krim hewani.

Beberapa es krim rendah kalori ini bahkan menyatakan bahwa dalam 1 pin (473 ml) es krim mereka, hanya terdapat kurang dari 400 kalori. Setelah dianalisis lebih lanjut, walaupun kalorinya lebih rendah para ahli gizi dan kebugaran hanya menyarankan untuk mengkonsumsi es krim ini sebanyak setengah pin saja.

Baca Juga: 7 Trik Batasi Porsi Makan Saat Diet, Gampang Ditiru!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Whole Chicken Pakai Bakso Goreng Renyah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com