5 Superfood yang Rutin Dikonsumsi Rasulullah SAW dan Gampang Didapat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Jul 2021 05:40 WIB
Slices of fresh juicy watermelon on a paper closeup on rustic wooden table Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa superfood rutin dikonsumsi Nabi Muhammad SAW karena mengandung banyak manfaat sehat. Makanan ini juga mudah didapatkan, dan cocok untuk asupan nutrisi setiap hari.

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dikenal memiliki pola makan yang sehat. Beberapa makanan yang sering dikonsumsinya setiap hari disebutkan dalam beberapa hadist.

Makanan tersebut merupakan superfood karena memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Tentunya makanan-makanan ini bisa dimasukkan ke dalam pola makan kita sehari-hari, karena mudah didapatkan dan pastinya menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut ini 5 superfood atau makanan sehat yang rutin dikonsumsi Nabi Muhammad SAW, dilansir dari MuslimInc (04/07).

Baca Juga: Apa Sih Makanan Kesukaan Rasulullah SAW?

1. Daging

Lamb Meat on a RotisserieLamb Meat on a Rotisserie Foto: iStock

Sejak dulu daging merupakan salah satu sumber makanan kaya protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang satu ini ternyata masuk ke dalam daftar makanan yang cukup rutin dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW.

Daging mengandung banyak zat besi, zinc hingga selenium. Selain itu daging juga dipercaya dapat menyehatkan tulang, gigi sampai menjaga sistem imun tubuh. Nabi Muhammad paling suka dengan daging kambing atau domba.

Meski daging kambing atau domba sering dijauhi karena bisa memicu kolesterol. Tapi jika dikonsumsi dalam batas wajar, daging ini mengandung berbagai vitamin dan mineral. Seperti kandungan vitamin A, D, C, B12 hingga vitamin B6. Tak ketinggalan kandungan kalsium dan natrium yang baik untuk tubuh.

2. Kurma

Fresh dates in a bowl top viewFresh dates in a bowl top view Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Hampir semua orang tahu bahwa kurma merupakan salah satu buah yang digemari Nabi Muhammad SAW. Bahkan jenis kurma ajwa menjadi kurma pertama, yang dikembangkan oleh Nabi Muhammad SAW dan kini menyebar di seluruh daerah Arab.

Bagi yang menyantap kurma saat bulan Ramadhan saja, sebaiknya mulai masukkan kurma ke menu camilan sehari-hari. Karena kurma mengandung segudang manfaat. Di mana kurma mengandung potasium, zat besi, hingga vitamin B kompleks yang membantu metabolisme pada karbohidrat.

Kemudian menjaga kadar glukosa darah agar tetap stabil, tak ketinggalan kandungan serat dalam kurma yang membantu melancarkan sistem pencernaan serta mengendalikan kadar kolesterol.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sup Pasta Fusilli Kuah Putih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com