Cara Mengembalikan Indra Penciuman Karena Covid-19, Konsumsi 5 Bumbu Dapur Ini!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 30 Jun 2021 11:00 WIB
Anosmia or smell blindness, loss of the ability to smell, one of the possible symptoms of covid-19, infectious disease caused by corona virus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nenad Cavoski
Jakarta -

Gejela yang sering dirasakan penderita Covid-19 adalah hilangnya indra penciuman. Cara mengembalikan indra penciuman bisa konsumsi bumbu dapur. Apa saja?

Gejala hilangnya indra penciuman pada penderita Covid-19 biasa juga dikenal dengan istilah Anosmia. Gejala ini umum sekali ditemui karena terjadinya infeksi pada sistem pernapasan.

Hal ini membuat orang-orang tidak bisa mencium atau mengenali aroma, bahkan yang menyengat. Saat indra penciuman hilang, sebaiknya jangan panik. Karena, kamu bisa memulihkannya dengan menggunakan bahan alami seperti bumbu dapur yang mudah ditemui di rumah.

Dilansir dari Style Craze (23/3), berikut 5 bumbu dapur yang bisa mengembalikan indra penciuman.

1. Garam

Bumbu Dapur untuk Mengembalikan Indra PenciumanBumbu Dapur untuk Mengembalikan Indra Penciuman Foto: Getty Images/iStockphoto

Garam adalah bumbu dapur yang umum ditemui di setiap rumah. Karena, bumbu dapur ini biasa diguanakan untuk menambah cita rasa makanan. Kali ini, kamu bisa menggunakan garam untuk mengembalikan indra penciuman.

Caranya dengan membuat larutan air garam untuk membilas rongga hidung. Cara ini dapat dilakukan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi, seperti dikutip dari detikHealth (17/6).

2. Bawang Putih

Bumbu Dapur untuk Mengembalikan Indra PenciumanBumbu Dapur untuk Mengembalikan Indra Penciuman Foto: Getty Images/iStockphoto

Bawang putih adalah bumbu wajib yang selalu ada di setiap rumah. Karena, bumbu dapur satu ini bisa digunakan untuk memasak apapun, mulai dari menumis sayuran hingga mengolah daging sapi.

Bumbu dapur yang aromanya menyengat ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengembalikan indra penciuman. Karena, bawang utih mengandung zat antimikroba dan anti-inflamasi. Bagaimana caranya?

Kamu tinggal merebus 2-3 siung bawang putih yang telah dicincang. Setelah air rebusan bawang putih mendidih, angkat dan saring ke dalam gelas. Konsumsi air rebusan bawang putih ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Coba dengan 7 Makanan Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com