Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Coba dengan 7 Makanan Ini

Tim detikfood - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 16:15 WIB
Young businesswoman with clpd and flu virus blowing nose while working in the office. Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Cara mengembalikan indra penciuman bisa dengan bahan alami. Manfaatkan 7 makanan ini untuk membuat indra penciuman dan perasa kamu berfungsi seperti semula.

Beberapa orang yang positif terpapar virus Covid-19 mengaku kehilangan fungsi indera penciuman dan perasa. Mereka sama sekali tak bisa mencium aneka bau dan merasakan berbagai rasa makanan.

Selain gejala Covid-19, ada beberapa hal yang mempengaruhi indera penciuman dan perasa, misalnya alergi, masalah pernapasan dan efek dari kemoterapi. Sebenarnya gejala ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun prosesnya berbeda pada setiap orang, ada yang sembuh dalam beberapa hari, namun ada juga yang mencapai hitungan bulan.

Selain mengandalkan obat kimia, kamu sebenarnya bisa mencoba berbagai pengobatan herbal dengan konsumsi makanan alami. Berikut cara mengembalikan indra penciuman lewat bantuan 7 makanan:

1. Lemon

Lemon dan berbagai sumber asam sitrat lain secara alami efektif merangsang dan membangkitkan indra perasa. Rasa asam yang kuat pada lemon membantu mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan, dengan ini lidah lebih mampu mencecap rasa manis dan asam.

Untuk pengobatan, kamu bisa dengan rutin mengonsumsi air perasan jeruk lemon yang sudah dicampur dengan air hangat. Agar rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan madu. Nikmati air lemon setiap pagi dan sore hari hingga kondisi membaik.

2. Teh chamomile

Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon.Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Coba dengan 7 Makanan Ini Foto: iStock

Cara mengembalikan indra penciuman juga bisa lewat bantuan teh herbal. Teh chamomile sudah lama dijadikan obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Segelas teh chamomile hangat mampu meredakan gejala demam, peradangan dan infeksi. Teh chamomile yang dikonsumsi hangat juga mampu melancarkan sistem pernapasan dan mengobati hidung tersumbat.

Jika mengalami keluhan hilangnya fungsi indra penciuman dan perasa, cobalah seduh teh chamomile dan nikmati saat pagi hari. Aroma teh chamomile juga membuat pikiran merasa rileks dan tenang, maka tak heran kalau teh ini kerap diandalkan untuk membantu membuat tidur nyenyak.

3. Jahe

Maraknya virus Corona menjadikan rimpang jahe mendadak populer. Kandungan nutrisi dalam jahe diklaim bisa mengusir virus dan mengobati berbagai masalah kesehatan terkait flu. Influenza, flu burung hingga covid-19 termasuk penyakit yang ampuh diobati dengan rutin mengonsumsi jahe.

Senyawa aktif dalam jahe dapat membantu mengatasi kondisi yang berhubungan dengan hilangnya indra perasa dan penciuman. Cara pengobatan dengan jahe juga terbilang mudah, cukup iris jahe lalu kunyah perlahan. Atau buat teh jahe yang diseduh dengan air hangat, konsumsi setiap pagi hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Unik! Ada Masakan Padang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com