5 Obat Herbal Ini Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadist

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Jun 2021 05:56 WIB
buah zaitun Foto: iStock

2. Kurma

Kurma kaya akan zat besi yang bisa mencegah anemia serta kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi. Gula alami dalam kurma juga bisa menjadi energi untuk tubuh.

Dalam hadits Riwayat Muslim, Rasulullah saw. Bersabda, "Barang siapa yang sarapan dengan tujuh butir kurma Ajwa setiap pagi akan terhindar dari bahaya racun dan sihir."

Bagi orang yang berpuasa, kurma juga disunahkan untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka. Rasa manis pada kurma menjadikan buah ini sebagai camilan enak dan sehat.


3. Minyak Zaitun

Pohon zaitun tercatat dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 35 "... Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api..."

Buah zaitun memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal terutama jika sudah diolah dalam bentuk ekstrak minyak. Beberapa manfaat minyak zaitun, di antaranya mencegah penyakit kulit dan kanker payudara, kanker rahim, kanker perut dan usus besar apabila dikonsumsi satu sendok setiap hari.

Minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi. Minyak ini bisa dikonsumsi mentah sebagai dressing salad atau dijadikan pengganti minyak saat mengolah masakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nggak Cuma Obat Herbal, Daun Kelor Bisa Jadi Cokelat Lezat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com