5 Bumbu Dapur Murah yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 24 Jun 2021 06:00 WIB
pala Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya
Jakarta -

Pandemi Covid-19 kembali melonjak di Indonesia. Untuk mencegah terpapar virus, konsumsi bumbu dapur yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berikut ini.

Rempah merupakan salah satu bumbu dapur yang umum ditemui pada masakan Indonesia. Mulai dari jahe, pala, bawang putih, lada hitam, hingga kayu manis.

Tak hanya digunakan untuk membumbui masakan, rempah-rempah atau bumbu dapur juga bisa digunakan untuk meracik minuman herbal. Fungsinya tak lagi hanya untuk menambah cita rasa, tapi juga menyehatkan tubuh.

Dilansir dari A Small World (25/4), rempah-rempah tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh bisa tetap sehat dan rentan terpapar Covid-19.

Berikut 5 rempah atau bumbu dapur untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindari dari Covid-19.

1. Bawang Putih

Teh jahe bawang putihbawang putih Foto: iStock

Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib setiap masakan khas Indonesia. Bawang putih yang memiliki aroma tajam ini bisa menambahkan cita rasa dan juga aroma pada masakan.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung beragam nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh. Dikarenakan bawang putih mengandung zat antiseptik, antibakteri, dan antijamur.

Zat tersebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Karenanya dapat membantu tubuh dalam melawan atau menghancurkan virus dan mikroorganisme lainnya.

Baca Juga: Bikin Haru! Pria Ini Rela Kehujanan demi Jualan Burgernya Laku

2. Jahe

Orang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe BerlebihanJahe Foto: iStock

Jahe sangat umum ditemui pada masakan dan minuman tradisional Indonesia. Karena jahe memiliki sifat dapat menghangatkan tubuh, sehingga banyak diracik menjadi minuman. Seperti wedang jahe, bir pletok, susu jahe, dan lainnya.

Biasanya wedang jahe diminum saat cuaca dingin atau saat sedang sakit. Karena, salah satu manfaat jahe bisa meredakan sakit flu. Jahe juga memiliki manfaat sebagai zat anti-inflamasi dan kaya antioksidan. Karena itu bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com