ADVERTISEMENT

5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 23 Jun 2021 13:30 WIB
5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas
Foto: iStock

2. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang tinggi kandungan kurkumin. Kurkumin diketahui sebagai komponen yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah gangguan kecemasan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

Kunyit juga diketahui memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi sehingga dikatakan dapat mencegah kerusakan sel-sel otak hingga inflamasi kronis pada otak. Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, kurkumin dapat meningkatkan perubahan asam alfa-linolenic menjadi DHA untuk kesehatan otak.

Pada penelitian yang melibatkan 80 partisipan dengan penyakit diabetes, partisipan diberikan perawatan dengan suplemen kurkumin untuk dilihat hasilnya setelah beberapa waktu kemudian. Hasilnya orang yang mengonsumsi satu gram kurkumin per hari selama 30 hari diketahui memiliki angka kecemasan yang secara signifikan lebih rendah.

3. Dark Chocolate

5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas Foto: iStock

Menambahkan dark chocolate dalam pola diet diketahui sangat membantu untuk meredakan kecemasan. Hal ini terkait kandungan flavonoid yang secara alami dimiliki oleh cokelat hitam yang berperan sebagai antioksidan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam dark chocolate dapat bermanfaat untuk fungsi otak dan memiliki efek neuroprotektif. Flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke orang yang membuat fungsi sel-sel otak akan bekerja secara optimal.

Pada penelitian yang melibatkan 13.626 partisipan sekalipun ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi dark chocolate secara signifikan mengalami gejala depresi yang lebih rendah. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 280 gram hingga 425 gram dark chocolate untuk mencegah dan mengatasi kecemasan.

4. Yogurt

Menambahkan yogurt dalam pola makan dikatakan oleh para ahli dapat membuat menu makanan menjadi lebih baik. Kandungan probiotik atau bakteri sehat yang ada pada yogurt diketahui dapat memberikan beberapa manfaat, salah satunya kesehatan mental.

Pada penelitian yang dilakukan oleh ahli probiotik yang ada pada yogurt dapat membantu meningkatkan bakteri sehat yang baik untuk otak. Kesehatan usus serta keberagaman mikrobiota pada pencernaan dikatakan memiliki hubungan yang erat dengan otak dan dikaitkan dengan kesehatan mental.

Lebih lanjutnya makanan yang tinggi probiotik seperti yogurt juga dikatakan dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak dengan mengurangi inflamasi dan meningkatkan produksi untuk hormon kesenangan seperti serotonin. Selain itu bukti bahwa yogurt dapat mengatasi kecemasan juga ditemukan melalui penelitian yang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya 125 gram yogurt sebanyak dua kali sehari dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik untuk mengendalikan emosi dan kecemasan.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT