7 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Saat Pandemi

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 19 Jun 2021 06:00 WIB
Closeup of fried rice being cooked in wok Foto: iStock
Jakarta -

Kasus COVID-19 terus meningkat. Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh harus diperhatikan. Tujuh buah berikut cocok untuk menjaga imunitas di tengah pandemi.

Peningkatan kasus COVID-19 masih terus melonjak tajam setiap harinya. Walaupun sudah mendapatkan vaksin tetapi menjaga kesehatan tubuh dan kekebalan imunitas masih menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Makan makanan bergizi, konsumsi suplemen vitamin serta istirahat yang cukup menjadi cara mudah untuk menjaga kekuatan imunitas di tengah pandemi. Salah satu makanan yang disarankan adalah buah-buahan yang tinggi vitamin C, A serta serat yang begitu direkomendasikan para ahli untuk menjaga kekuatan imunitas tubuh.

Tidak perlu buah-buahan impor yang mahal, banyak sekali buah lokal yang juga memiliki vitamun C, A dan serat yang sangat baik. Mulai dari jeruk manis dan jeruk nipis hingga pisang menjadi buah tinggi vitamin C hingga serat yang dikatakan ampuh untuk menjaga kekuatan imunitas.

Berikut ini 7 buah kaya vitamin yang disarankan ahli untuk menjaga kekuatan imunitas.

Mojito garnished with mint and limes.Foto: Istock

1. Jeruk Manis dan Nipis

Buah-buahan yang asam dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh termasuk kekebalan imunitas.

Terutama pada jeruk nipis yang bahkan mengandung vitamin C hampir setengah dari total buah keseluruhan. Vitamin C pada jeruk nipis diketahui ada sebesar 48% dari total 100 gram takaran saji jeruk nipis. Konsumsi jeruk secara rutin sangat baik untuk menjaga imunitas ditengah ancaman virus yang masih tinggi.

2. Tomat

Warna tomat yang merah terang juga menunjukkan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Tomat sangat mudah untuk dikonsumsi dan bisa diolah dalam berbagai hidangan. Tomat bisa saja dikonsumsi dalam keadaan segar maupun telah diolah dan dicampurkan dalam hidangan makanan.

Tidak hanya vitamin C, tomat juga mengandung vitamin A yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Agar imunitas menjadi lebih kuat dan tubuh kebal akan serangan virus, antioksidan ini sangat diperlukan tubuh.

Baca juga: 7 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Bisa Tingkatkan Sistem Imun

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com