7 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Saat Pandemi

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 19 Jun 2021 06:00 WIB
Closeup of fried rice being cooked in wok Foto: iStock

3. Jambu Biji

manfaat jambu bijiFoto: iStock

Jambu biji dikenal sebagai buah yang memiliki kekuatan super serta manfaat kesehatan yang sangat baik. Kandungan vitamin C nya yang begitu tinggi membuat jambu biji mempunyai manfaat untuk menstabilkan trombosit, menjaga imunitas serta berbagai manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh.

Jambu biji juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus yang akan menyegarkan. Tetapi sebaiknya jus jambu biji yang dikonsumsi merupakan jus alami yang dibuat sendiri di rumah sehingga tidak ditambahkan banyak bahan pemanis ataupun komposisi yang tidak penting lainnya.

4. Kacang Tanah dan Kacang Hijau

Kacang-kacangan punya kandungan serat yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh mikrobiota pada usus. Keberagaman mikrobiota akan membantu meningkatkan kualitas bakteri baik pada usus yang sangat memengaruhi imunitas.

Pada 100 gram kacang tanah bahkan diketahui memiliki kandungan serat sebesar 25 gram. Kacang tanah dan Kacang hijau menjadi jenis kacang-kacangan yang sangat direkomendasikan. Keduanya juga cukup mudah untuk diolah.

5. Bayam

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanFoto: iStock

Bayam menjadi sayuran yang padat nutrisi dan mudah untuk diolah sehingga sangat memungkinkan untuk rutin dikonsumsi. Bayam diketahui mengandung vitamin A sebesar 60% dari total keseluruhan takaran saji sebesar 100 gram.

Bayam juga punya vitamin E yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh guna menjaga kekuatan imunitas. Konsumsi bahan dengan tambahan sayuran lainnya seperti tomat dan lain-lain akan sangat efektif untuk menjaga dan menguatkan imunitas.

6. Alpukat

Alpukat menjadi bahan makanan selanjutnya yang dikatakan sebagai superfood. Kepadatan nutrisinya membuat alpukat sangat dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh bahkan secara keseluruhan.

Dalam satu buah alpukat terkandung nutrisi seperti vitamin A, B-6, magnesium serta berbagai nutrisi lain yangmelengkapinya. Alpukat bisa dikonsumsi secara rutin, baik diolah menjadi jus maupun dicampurkan dengan bahan makanan lain seperti roti bakar atau campuran pada salad.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com