10 Makanan Terburuk untuk Tubuh, Batasi Konsumsinya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 19 Jun 2021 08:00 WIB
Frozen potatoes in a bowl, French fries, canned food. White background. Top view. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vladimir Mironov
Jakarta -

Makanan terburuk untuk tubuh ini akan membahayakan kesehatan jika dimakan terlalu sering. Batasi konsumsinya agar tubuh tetap sehat.

Makanan adalah hal terpenting untuk kesehatan. Memilih makanan yang baik nutrisinya akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sebaliknya, konsumsi makanan yang buruk nutrisinya akan membahayakan tubuh.

Ada banyak penyakit yang berawal dari konsumsi makanan terburuk untuk tubuh. Mulai dari penyakit lambung sampai diabetes.

Lantas apa saja makanan yang disebut pakar paling tidak bagus untuk kesehatan? Dikutip dari Healthline (18/6), berikut 10 makanan terburuk untuk tubuh:

1. Minuman manis

Gula tambahan pada produk minuman manis dan minuman kemasan membahayakan tubuh karena bisa mengasup kalori berlebih. Akibatnya, kamu bisa alami resistensi insulin, diabetes, hingga sakit jantung.

Alih-alih minum minuman manis seperti cola atau jus kemasan, lebih baik minum air putih, kopi, atau teh tanpa gula tambahan. Kalau tak suka rasa air putih, boleh tambahkan irisan buah supaya jadi infused water yang menyegarkan.

2. Roti putih

Roti tawarFoto: Getty Images/iStockphoto/SasaJo

Makanan terburuk untuk tubuh ini sering dikonsumsi saat sarapan, atau bahkan dijadikan pengganti nasi saat diet. Faktanya konsumsi roti putih kurang bagus untuk kesehatan karena dibuat dari gandum olahan yang minim serat dan nutrisi.

Akibatnya, kamu bisa alami lonjakan gula darah sesaat setelah mengonsumsinya. Daripada roti putih, lebih baik makan roti yang terbuat dari bijian atau gandum utuh.

3. Jus buah

Jangan tertipu dengan kata buah pada jus kemasan. Buah memang sehat, tapi jus buah tidak sesehat itu. Kebanyakan produk jus buah tinggi kandungan gula, bahkan sama seperti minuman soda.

Para pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi buah utuh dibanding jus buah. Sebab kamu bisa mengasup tambahan serat dari konsumsinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com