7 Makanan untuk Atasi Asam Urat, Baik Dikonsumsi Rutin

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 06:00 WIB
ilustrasi susu cokelat Foto: ts

3. Air

Seorang wanita sedang minum air putihFoto: iStock

Mencukupi kebutuhan air bukan hanya diperlukan untuk menghindari dehidrasi. Konsumsi air yang cukup sangat bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh salah satunya asam urat. Minum banyak air terbukti dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Salah satu racun yang dapat keluar melalui minum air putih yang cukup adalah asam urat yang menumpuk dalam darah. Setidaknya konsumsi 8 sampai 9 gelas air putih sehari sudah cukup untuk menetralkan asam urat dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

4. Jus Sayuran

Sayuran segar terkenal dengan kandungan nutrisinya yang begitu padat. Setiap jenis sayuran juga dikatakan memiliki nutrisi, vitamin dan mineral yang punya manfaatnya masing-masing terhadap kesehatan.

Wortel, buah beet serta mentimun dikatakan oleh para ahli sangat baik untuk membantu menetralkan asam urat. Mengonsumsi jus wortel, bit dan timun juga sangat disarankan untuk pasien dengan keluhan asam urat yang dialami.

5. Susu Rendah Lemak

ilustrasi susu cokelatFoto: iStock

Jenis susu yang dikonsumsi juga sangat menentukan efeknya terhadap kesehatan tubuh. Bukan hanya penting untuk diminum saat sedang melakukan diet, susu rendah lemak juga sangat disarankan untuk penderita asam urat.

Kandungan lemak yang ada dalam susu ataupun olahannya seperti yogurt, keju dan lainnya sangat berpengaruh terhadap kadar asam urat yang ada di dalam darah. Mengonsumsi susu rendah lemak dikatakan para ahli sangat berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat di dalam aliran darah.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang sangat baik untuk mengatasi asam urat. Semudah menambahkan perasan air jeruk nipis dalam bahan makanan dikatakan akan sangat membantu untuk mengendalikan kadar asam urat.

Manfaat perasan air jeruk yang dapat menurunkan kadar asam urat ini juga telah terbukti oleh para ahli dan peneliti. Jika ingin hasil yang efektif, secara rutin konsumsi segelas air dengan perasan satu buah jeruk nipis setiap hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com