Ini Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 13 Nov 2020 10:30 WIB
Set of sliced cow lung isolated on white background. Foto: iStock
Jakarta -

Makanan penyebab asam urat banyak ragamnya. Asam urat adalah penyakit yang ditandai oleh serangan nyeri sendi yang berulang-ulang dan secara tiba-tiba. Pengidap asam urat harus memperhatikan makanan yang dipantang.

Asam urat juga muncul akibat adanya gangguan metabolisme purin. Purin sebenarnya berguna bagi tubuh. Namun jika jumlah purin dalam tubuh berlebihan justru akan menyebabkan tingkat kadar asam urat di dalam darah tinggi.

Untuk itu, Anda perlu membatasi makanan tinggi purin supaya terhindar dari lonjakan kadar asam urat di dalam darah atau gout.

Medical News Today menjelaskan pada tahun 2004, peneliti menemukan bahwa beberapa purin yang terdapat dalam makanan hewani dan nabati dapat memperburuk gejala asam urat karena tubuh mengubahnya menjadi asam urat.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan hewani tinggi purin dapat meningkatkan risiko pengembangan asam urat.

Makanan penyebab asam urat meliputi daging merah dan jeroan, makanan laut seperti lobster, udang, sarden, teri, tuna dan makarel. Minuman manis dan makanan yang mengandung fruktosa tinggi juga berpotensi menyebabkan asam urat.

Woman's leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at homeWoman's leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Foto: iStock

Dikutip dalam Healthline, dalam banyak kasus, penyebab pasti penyakit asam urat atau hiperurisemia belum diketahui. Para dokter percaya kondisi tersebut terjadi karena kombinasi faktor keturunan, hormonal dan makanan.

Mengonsumsi makanan yang sesuai dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Berikut makanan penyebab asam urat yang perlu dihindari:

Makanan yang mengandung purin tinggi (100-1.000 mg purin per 100 gram)

1. Minuman beralkohol (bir, whisky, anggur, tape ketan dan tuak)
2. Bebek
3. Angsa
4. Ikan sarden
5. Remis
6. Kerang
7. Lobster
8. Telur ikan
9. Makanan yang diawetkan seperti kornet dan sarden
10. Jerohan seperti otak, lidah, jantung, hati, limpa, ginjal dan usus

Makanan yang mengandung purin sedang (9-100 mg purin per 100 gram)

1. Daging sapi
2. Udang
3. Kacang kering dan olahannya seperti tempe, tahu dan oncom
4. Sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, jamur, kangkung, daun singkong, biji melinjo, buncis dan kacang polong.

Itulah daftar makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari atau diminimalkan konsumsinya.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)