7 Makanan untuk Atasi Asam Urat, Baik Dikonsumsi Rutin

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 06:00 WIB
ilustrasi susu cokelat Foto: ts
Jakarta -

Pada orang dewasa gejala asam urat seringkali di rasakan. Tujuh makanan berikut dikatakan ahli bisa atasi asam urat.

Nyeri sendi yang kerap kali dirasakan oleh orang dewasa bisa saja menjadi salah satu gejala asam urat yang muncul. Khususnya di malam hari, biasanya nyeri yang terasa hingga membuat tubuh begitu kaku dan sulit digerakkan.

Biasanya asam urat ini seringkali terjadi di daerah persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki hingga jari kaki. Rasa sakit yang ditimbulkan bahkan bisa bertahan mulai 3 hingga 10 hari.

Khususnya bagi orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun atau pada perempuan yang telah mengalami menopause. Ternyata asam urat ini bisa diatasi dan dicegah dengan konsumsi beberapa makanan secara rutin.

Berikut ini 7 makanan yang ampuh untuk menetralkan asam urat menurut Times of India (16/4):

apple isolated on wood backgroundFoto: iStock

1. Apel

Ungkapan makan satu buah apel setiap hari untuk menjauhkan dokter ternyata benar adanya. Bukan hanya menjaga kesehatan secara menyeluruh, ternyata apel juga mengandung asam malic yang dapat menetralkan asam urat di dalam aliran darah.

Para ahli kesehatan juga seringkali memberikan apel untuk dikonsumsi pasien-pasien yang menderita asam urat. Secara rutin konsumsi satu buah apel dalam sehari dikatakan sudah cukup untuk membantu menetralkan dan mencegah gejala asam urat yang menyakitkan.

2. Cuka Apel

Menambahkan sedikit cuka apel dalam makanan yang dikonsumsi ternyata dapat membantu para penderita asam urat. Cuka apel dapat membantu menetralkan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Ketika kadar asam urat mulai menurun maka gejala yang tidak akan dirasakan dengan begitu menyakitkan.

Menambahkan 3 sendok teh cuka apel pada segelas air disarankan untuk dikonsumsi secara rutin agar kadar asam urat dapat menurun. Minum campuran air dengan cuka apel sebanyak 2 sampai 3 kali sehari dikatakan akan ampuh untuk mencegah lonjakan asam urat di dalam darah.

Baca juga: Ini Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com