5 Jus Buah dan Sayur yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 05:00 WIB
jus buah dan sayur Foto: Getty Images/iStockphoto/Santje09
Jakarta -

Para penderita diabetes tetap bisa menikmati jus enak dan sehat. Beberapa jus buah dan sayur segar ini bisa menjaga kadar gula darah.

Penderita diabetes harus memperhatikan asupan makanan dan minuman. Banyak yang menghindari jus buah dan sayur karena khawatir kandungan gulanya bisa membuat gula darah melonjak.

Padahal beberapa buah dan sayur punya kandungan gula alami yang enak dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tak hanya enak, jus ini juga sehat. Konsumsi secara rutin bisa membuat tubuh sehat dan bugar.

Meski demikian, para penderita diabetes tetap harus banyak mengonsumsi air mineral.

Dilansir dari Ecofriedly (16/6) berikut beberapa jus buah dan sayur yang aman dikonsumsi para penderita diabetes.

1. Jus delima


Buah delima punya rasa cukup manis, tetapi gula dalam jus buah delima tidak meningkatkan kadar gula darah. Tak hanya itu, buah delima juga tinggi antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Cara membuat jus delima ini cukup mudah, siapkan buah delima segar lalu blender dengan tambahan sedikit air. Hindari menambahkan gula atau jenis pemanis lain ke dalam jus ini. Biarkan jus delima punya rasa manis alami.

Meskipun aman dikonsumsi, tapi kamu tidak disarankan untuk menikmatinya setiap hari. Ahli gizi mengatakan konsumsi satu gelas jus delima dalam satu minggu dianggap aman. Tetaplah perbanyak konsumsi air mineral.

2. Jus sayuran

jus buah dan sayur5 Jus Buah dan Sayur yang Cocok untuk Penderita Diabetes Foto : Istock


Campuran sayuran segar juga bisa diracik jadi jus yang menyehatkan. Jus ini bisa jadi alternatif saat bosan menyantap sayur sebagai makanan. Kandungan nutrisi sayuran sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Coba campurkan berbagai jenis sayuran berdaun hijau mulai dari bayam, sawi, seledri, mentimun atau pokcoy. Tambahkan air jeruk lemon atau beberapa buah raspberry untuk membuat rasanya makin segar. Selain aman untuk menjaga gula darah, jus ini juga tinggi serat.

3. Jus pare


Pare dengan rasanya yang pahit ini dikenal ampuh melawan diabetes. Selain bisa dimakan langsung, buah pare juga bisa diolah menjadi jus segar. Konsumsi pare telah terbukti menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Rasanya sangat pahit dan kamu disarankan untuk tidak minum lebih dari 2 gelas per hari. Segelas jus pare bisa diracik dengan tambahan mentimun, lemon atau apel untuk mengurangi rasa pahitnya.

4. Jus tomat

sup tomat italia5 Jus Buah dan Sayur yang Cocok untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Penderita diabetes lebih rentan terhadap pembekuan darah yang dapat menyebabkan masalah penyakit kardiovaskular. Minum segelas kecil jus tomat setiap hari telah terbukti mengurangi risiko ini, tetapi pastikan jus tomat yang dikonsumsi ini tanpa tambahan pemanis.

Tomat juga punya rasa yang enak. Kandungan vitamin dalam tomat membantu menjaga kesehatan kulit. Tomat juga membuat tubuh tampak lebih segar. Selain dibuat jus, tomat bisa dimakan langsung atau dijadikan campuran masakan.

5. Jus nanas


Nanas bukanlah buah sembarangan karena banyak manfaat yang bisa didapat dari buah berwarna kuning ini. Nanas pun juga bisa jadi obat herbal untuk penyakit diabetes melitus dan tekanan darah tinggi.

Melansir dari Healthline, nanas kaya akan serat, mineral, dan rendah gula sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Kandungan kalium pada nanas juga mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh



Simak Video "Jus Tamarillo Khas Mamasa yang Segar dan Kaya Manfaat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com