Sering Dicap Buruk, 4 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Menyehatkan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 11 Jun 2021 07:00 WIB
jeroan ayam Foto: iStock
Jakarta -

Kolesterol yang cenderung tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Memerhatikan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi harus dilakukan untuk kendalikan kadar kolesterol.

Kolesterol terbagi ke dalam dua jenis. Ada kolesterol baik yang bermanfaat untuk tubuh serta kolesterol buruk yang dapat merusak tubuh.

Kadar kolesterol buruk menjadi salah satu elemen yang harus ditekan dan dikendalikan kadarnya. Hal ini karena kolesterol buruk dapat berdampak pada kesehatan jantung jika menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh.

Para ahli mengatakan bahwa beberapa makanan tinggi kolesterol sebenarnya makanan sehat yang masih disarankan untuk dikonsumsi. Sedangkan sebagian makanan lainnya benar-benar harus dihindari untuk cegah lonjakan kolesterol yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini 4 makanan yang sehat yang tinggi kolesterol namun masih dalam batas aman menurut Healthline (10/9).

Chicken eggs boil in water. Pan with the product on a gas stove.Foto: iStock

1. Telur

Dalam sebuah telur berukuran besar terkandung 211 miligram kolesterol. Terutama pada bagian kuning telur, menjadi bagian pada telur yang seringkali dihindari banyak orang. Padahal kolesterol yang ada dalam telur masih terbilang aman jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Menghindari makan telur sepenuhnya malah membuat tubuh kehilangan nutrisi dan mineral lain yang juga terdapat dalam telur. Misalnya seperti protein, vitamin B12 dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat. Telur telah terbukti tidak memberikan dampak negatif bagi peningkatan kolesterol buruk, justru sebutir telur dikatakan dapat meningkatkan kolesterol baik yang menjaga kesehatan jantung.

2. Keju

Dalam satu porsi saji keju sebanyak 28 gram dikatakan hanya mengandung 9% kolesterol dari batas harian yang direkomendasikan. Walaupun keju banyak dipercaya sebagai bahan makanan yang tinggi kolesterol, nyatanya kandungan kolesterol pada keju tidak berdampak buruk pada tubuh.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa keju yang tinggi lemak sekalipun tidak memberikan efek buruk terhadap kadar kolesterol tubuh. Penelitian selama 12 minggu yang dilakukan pada 162 orang partisipan sama sekali tidak menemukan adanya peningkatan kolesterol atau efek buruk akibat konsumsi keju.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com