5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 07:00 WIB
5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19 Foto: iStock

3. Menambahkan Bumbu dan Rempah

5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-195 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19 Foto: iStock

Selain menambahkan rasa dan meningkatkan kelezatan makanan, bumbu dan rempah memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Bumbu dan rempah seperti kunyit, merica, jahe ataupun bawang putih terbukti sangat menyehatkan tubuh.

Para ahli telah menemukan bahwa penggunaan bumbu dan rempah dalam makanan sangat membantu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bumbu dan rempah yang ditambahkan ke dalam makanan maupun minuman akan efektif untuk membantu nutrisi dari bahan makanan berfungsi dengan baik.

Mengonsumsi bumbu dan rempah juga tidak terlalu rumit. Bisa dengan semudah menambahkan merica atau kunyit dalam bumbu masakan atau menambahkan jahe ke dalam segelas teh. Cara ini akan menjadi cara yang mudah untuk membantu menjaga kekebalan dan meningkatkan imunitas.

4. Mencukupi Hidrasi Tubuh

Bukan hanya vitamin dari makanan, mencukupi kebutuhan tubuh akan air minum juga penting diperhatikan. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan lebih rentan terjangkit virus dan bakteri serta tidak cukup kuat untuk melawannya.

Hidrasi juga tidak melulu tentang minum air mineral saja. Hidrasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi air, minum air yang dicampur dengan buah-buahan seperti infused water maupun minum minuman herbal yang tinggi khasiat untuk kesehatan.

Hidrasi tubuh juga diperlukan untuk melarutkan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan imunitas, seperti vitamin C. Tanpa air yang cukup tubuh juga akan mengalami kesulitan untuk dapat berfungsi dengan baik.

5. Masak Makanan hingga Matang Sempurna

5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-195 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19 Foto: iStock

Makanan yang mentah menjadi tempat yang sangat disukai oleh kuman dan bakteri serta menjadi tempat perkembang biakan yang sempurna. Terutama pada makanan-makanan yang dibeli di pasar atau toko swalayan yang sudah banyak tersentuh oleh para pengunjung di sana terdapat kuman dan bakteri yang tidak terlihat tetapi sangat banyak di permukaannya.

Mencuci bersih beberapa bahan makanan sebelum disimpan dan atau digunakan untuk memasak atau disajikan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir adanya virus dan bakteri yang menempel. Selain itu kuman dan bakteri hanya bisa mati jika terkena suhu panas yang cukup, hal tersebut yang membuat para ahli selalu mengingatkan untuk memasak makanan dengan baik.

Memasak makanan hingga benar-benar matang dengan suhu yang tinggi dikatakan ampuh untuk membunuh bakteri agar tidak masuk dan mengganggu tubuh. Makanan yang masih belum matang dengan sempurna juga rentan memberikan efek buruk seperti sakit perut, gangguan pencernaan hingga keracunan makanan.

Baca juga: 7 Nutrisi untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com