7 Nutrisi untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 15 Des 2020 08:00 WIB
Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C Foto: Getty Images/iStockphoto/LumenSt
Jakarta -

Tubuh butuh nutrisi yang tepat untuk bisa berfungsi optimal. Ada 7 nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

Vitamin dan mineral merupakan bagian dari nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral menjadi sumber bahan bakar tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Sistem kekebalan tubuh juga butuh nutrisi untuk berjalan dengan baik. Kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel-sel kekebalan tubuh membutuhkan dukungan dari vitamin dan mineral tertentu.

Penelitian yang dilakukan Dr. James DiNicolantonio mengenai nutraceuticals, suplemen dengan sifat obat tambahan, menunjukkan berbagai manfaat terkait pencegahan penyakit infeksi pernapasan parah.

Bahkan yang lebih menarik, data terbaru menunjukkan beberapa vitamin dan mineral dapat membantu tubuh memerangi virus Covid-19. Termasuk vitamin C, zinc, tembaga dan lainnya.

Berikut 7 nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19, menurut Dr. James yang dilansir melalui Daily Mail UK (8/12):

1. Selenium

ilustrasi minum vitaminFoto: ilustrasi/thinkstock

Jurnal Nutrisi Klinis Amerika pada awal tahun ini mengungkap kekurangan selenium dapat memperparah serangan Covid-19 dan risiko meninggal karena infeksi sekitar 3 - 5 kali lipat. Selenium merupakan kontributor pokok yang terkait hasil buruk dengan virus RNA lainnya.

Menjaga kadar selenium yang baik dapat membantu mengurangi komplikasi jangka panjang dari virus RNA. Kadar selenium diperkirakan menurun dalam bahan makanan karena penipisan tanah. Sekitar 15% orang dewasa tidak mengonsumsi selenium dalam jumlah cukup sehari-hari yaitu sekitar 55 mcg. Kekurangan selenium ini bisa membahayakan tubuh. Sebagai solusi, kamu bisa mengonsumsi suplemen selenium.

2. Elderberry Hitam

Elderberry hitam mengandung antosianin yaitu bahan kimia yang berasal dari tanaman yang memiliki sifat antivirus. Berdasarkan jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2018 dalam tinjauan uji klinis acak, suplemen elderberry hitam telah terbukti mengurangi durasi flu dalam 2-4 hari.

Penting untuk menemukan suplemen elderberry hitam berkualitas yang telah dianalisis dan menunjukkan tingkat antosianin yang baik. Antosianin ini akan membantu tubuh untuk melawan virus yang masuk dan mencegah terjadinya infeksi.

Baca Juga: Saat Sedang Sakit, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Perkuat Imunitas

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com