Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 05:00 WIB
Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya Foto: iStock

2. Kondisi Tubuh

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor PenentunyaKapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya Foto: iStock

Waktu terbaik untuk minum kopi juga tergantung dengan kondisi tubuh seseorang. Sebab biasanya, yang dibutuhkan otak tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh.

Misalnya otak ingin menghindari rasa kantuk, tetapi tubuh menginginkan untuk beristirahat. Karenanya kamu harus menyesuaikan waktu minum kopi dengan kondisi tubuh.

Menurut Profesor Ahli Nutrisi dari University of California, Amerika Serikat, Zhaoping Li, kemampuan masing-masing tubuh berbeda-beda dalam menyerap kafein. Kafein baru akan bereaksi beberapa jam setelah dikonsumsi.

"Jika kamu adalah orang yang memiliki toleransi rata-rata terhadap kafein, maka setelah minum kopi baik pagi atau sore harus lebih waspada selama 1-6 jam ke depan," ujar ahli gizi Tamar Samuels.

Sementara ahli gizi Zhaoping Li menyarankan untuk minum kopi di waktu kerja yang berbeda dan melihat bagaimana reaksi tubuh. Jika kamu tidak merasakan apa-apa maka kamu mungkin harus coba di waktu lain.

Namun, jika kamu merasakan jantung berdebar-debar, insomnia atau kegelisahan maka pastikan untuk tidak minum kopi terlalu larut di hari kerja.

Lebih lanjut, Samuel menyarankan bagi orang yang lebih sensitif terhadap efek kafein harus membatasi konsumsinya di pagi hari untuk mencegah gangguan tidur, kecemasan dan detak jantung berdebar-debar.

Baca Juga : Waktu Terbaik Minum Kopi Bukan Pagi Hari, Lantas Kapan?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com