9 Kebiasaan Buruk Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Cepat Naik

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 10 Jun 2021 05:00 WIB
Makan sereal Foto: shutterstock
Jakarta -

Sarapan memang penting. Tetapi jangan asal sarapan. Karena asupan sarapan yang buruk bakal membuat berat badan justru lebih cepat naik.

Sarapan yang tepat dan sehat bisa mendukung penurunan berat badan. Karena itu sarapan jadi waktu makan paling penting dalam sehari. Jika sedang menurunkan berat badan sebaiknya cermat memilih menu sarapan.

Banyak penelitian menyebut bahwa sarapan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun jangan telan mentah-mentah soal itu. Ada beberapa kebiasaan buruk saat sarapan yang akhirnya malah membuat berat badan naik.

1. Tidak minum air dulu

Biasakan untuk minum segelas air dulu sebelum sarapan. Satu studi menemukan bahwa selama 12 minggu, peserta yang minum air sebelum makan akhirnya berhasil menurunkan berat badan.

Air mengisi perut dan orang-orang dalam penelitian ini merasa lebih kenyang dan akhirnya mereka makan lebih sedikit saat makan. Plus, air membantu meningkatkan metabolisme kamu dan memberi dorongan energi, karena membantu menjaga tubuh kamu berfungsi dengan baik.

Close up of a young man drinking water from a plastic bottle . He is listening to music from small white earphones and his eyes are closed. The sun is shining strong in the background.9 Kebiasaan Buruk Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Cepat Naik Foto: iStock

2. Jus buah kemasan

Jus memang sehat diminum pagi hari. Tapi yang dimaksud adalah jus segar non kemasan. Banyak jus buah seringkali berkalori tinggi dan sarat dengan gula tambahan. Buah saja sudah cukup manis secara alami!

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Cukup memakai blender atau juicer yang mudah dioperasikan.

3. Pilih yogurt yang salah

Apakah yogurt sehat dan bisa bantu menurunkan berat badan? Tentu saja. Tapi kebiasaan memilih yogurt dengan aneka rasa atau topping manis bisa merusak diet.

Yogurt bisa membantu menurunkan berat badan selama kamu memilih jenis yang tepat. Pastikan kamu memilih yogurt Yunani polos, atau memilih pilihan yang rendah gula dan tinggi protein sehingga Anda akan tetap kenyang dan fokus sepanjang hari.

4. Mencari sarapan tercepat dan termudah

Kebiasaan buruk saat sarapan ini seringkali dilakukan, terutama kalau kamu kesiangan dan nyaris terlambat bekerja. Alhasil protein bar atau sereal bar pun jadi pilihan. Ingat kandungan gula di dalamnya yang bakal membuat kamu merasa lapar lagi dengan cepat.

Kebiasaan buruk apa saja saat sarapan yang memicu berat badan naik? Baca info selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com