Ingin Berat Badan Cepat Turun? Jangan Lupa Selalu Sarapan dan Makan Malam

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 09 Jun 2021 06:00 WIB
Top view of female hands holding fork and knife while having tasty breakfast at modern european cafe. Young woman eating fried eggs with toasts and morning coffee at restaurant Foto: iStock
Jakarta -

Bagi yang sedang menurunkan berat badan, sebaiknya tetap makan normal tiga kali sehari. Dari sarapan hingga makan malam. Ini alasannya.

Hampir setiap program diet memiliki pakem dan aturan yang berbeda. Mulai dari pola makan, pemilihan makanan yang dikonsumsi sampai jam makan yang diberikan.

Tapi kebanyakan orang justru melewatkan waktu makan dari sarapan, makan siang sampai makan malam, Tujuannya agar berat badan cepat turun.

Padahal menurut penelitian terbaru, kunci sukses turun berat badan secara teratur, adalah dengan makan tiga kali sehari. Tentunya dengan porsi dan makanan yang dikurangi.

Dilansir dari Yahoo UK (08/06), berikut lima alasan mengapa makan teratur bisa turunkan berat badan secara sehat.

Baca Juga: Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super

1. Selalu Sarapan Pagi

Handsome man having breakfast eating cereals at home and smilingHandsome man having breakfast eating cereals at home and smiling Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

Saat diet kebanyakan orang memilih untuk melewatkan sarapan di pagi hari, demi menurunkan berat badan. Padahal pola makan ini justru bisa menaikkan berat badan saat diet.

Karena jika tubuh tidak ada asupan, maka tubuh tidak bisa membakar kalori selama sepanjang hari. Akhirnya proses penurunan berat badan ini jadi lebih lambat, tubuh juga gampang lemas.

Maka sebaiknya tetap rutin makan pagi dan sarapan. Meski tidak sempat menyiapkan sarapan, bisa asupan sarapan seperti buah-buahan apel hingga pisang, yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

2. Tetap makan Siang

woman hands eating fish at restaurant, having her lunch.woman hands eating fish at restaurant, having her lunch. Foto: iStock

Selain sarapan, makan siang juga bisa turunkan berat badan. Apalagi makan siang ini cukup penting, karena banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Fungsi makan siang ini membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Terutama bagi orang-orang yang memiliki banyak aktivitas, seperti rutin berolahraga dan sebagainya.

Sementara jika melewatkan makan siang, tubuh akan lemas dan metabolisme juga jadi terhambat. Pilihlah menu makan siang yang mengenyangkan, rendah kalori dan tinggi protein. Seperti daging dada ayam atau telur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com