6 Makanan Tinggi Vitamin A untuk Jaga Kesehatan Mata

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 09 Jun 2021 15:30 WIB
Makanan Tinggi Vitamin A Foto: iStock
Jakarta -

Vitamin A dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 700 - 900 mikrogram setiap harinya. Enam bahan makanan berikut sangat direkomendasikan ahli untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Vitamin A begitu populer untuk menjaga kesehatan mata. Nyatanya, manfaat vitamin A lebih banyak dibandingkan hanya untuk menjaga kesehatan mata.

VItamin A juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan imunitas hingga kesehatan reproduksi. Vitamin A merupakan makronutrien yang harus dipenuhi setiap harinya. Berdasarkan pada dosis yang disarankan oleh ahli, orang dewasa setidaknya harus memenuhi kebutuhan sebanyak 700 hingga 900 mikrogram vitamin A setiap harinya.

Vitamin A bisa dipenuhi secara alami melalui konsumsi beberapa bahan makanan selain melalui suplemen. Para ahli banyak merekomendasi makanan-makanan yang tinggi vitamin A. Banyak dari daftar yang direkomendasikan pun termasuk makanan yang mudah untuk ditemukan bahkan banyak tersedia di dapur-dapur rumah tangga.

Berikut ini makanan tingi vitamin A yang direkomendasikan ahli menurut Web MD:

Makanan Tinggi Vitamin AMakanan Tinggi Vitamin A Foto: iStock

1. Hati

Hati hewan selain dikenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi, juga dilengakapi dengan vitamin A yang padat. Baik hati sapi maupun hati ayam. Terutama pada 85 gram hati sapi matang dikatakan mengandung 6600 mikrogram vitamin A.

Jumlah kandungan vitamin A tersebut dikatakan sudah sangat mencukupi kebutuhan harian tubuh bahkan 700% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Walaupun hati mengandung vitamin A yang padat tetapi konsumsi hati sapi hanya diperbolehkan tidak lebih dari sekali dalam seminggu untuk menghindari konsumsi vitamin berlebihan.

2. Produk Susu

Produk olahan susu biasanya hanya dikenal dengan kandungan kalsium dan proteinnya yang baik. Ternyata dibalik itu semua, susu dan berbagai produk olahannya mengandung vitamin A yang juga cukup padat dan disarankan untuk dikonsumsi oleh ahli.

Banyak sekali jenis-jenis dan merek susu yang sudah terfortifikasi atau ditambahkan nutrisi dan mineral tambahan yang salah satunya adalah vitamin A. Beberapa produk susu bahkan dapat menyumbang 100 hingga 300 mikrogram vitamin A hanya dengan konsumsi sebanyak 250 mililiter.

Baca juga: 7 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Bisa Tingkatkan Sistem Imun

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com