Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Apa Menyehatkan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Jun 2021 08:00 WIB
Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott
Jakarta -

Proffee merupakan gabungan kopi dan bubuk protein yang viral di TikTok. Minuman ini disebut-sebut punya manfaat sehat lebih. Apa benar?

Proffee berasal dari kata 'protein' dan coffee' yang merupakan dua bahan utama minuman ini. Membuatnya mudah karena kamu tinggal mencampurkan kopi dengan bubuk protein.

Proffee viral di TikTok dan disebut sebagai cara baru menikmati kopi yang viral, setelah dalgona. Uniknya proffee bisa dibuat dengan banyak variasi sesuai selera pencinta kopi.

Proffee, misalnya, bisa dicampurkan bubuk cokelat dan protein shake rasa cokelat yang manis enak. Lalu ada juga proffee yang dibuat sebagai golden turmeric vanilla dengan paduan bubuk kunyit, protein shake rasa vanilla, dan bubuk kayu manis.

Lantas benarkah kopi campur protein menyehatkan?

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

Dikutip dari Today (8/6), ahli gizi Keri Glassman memberi pandangannya. Ia menilai, minum kopi polos saja sebenarnya sudah bagus untuk kesehatan. Konsumsi kopi yang kaya antioksidan mampu mencegah risiko Alzheimer hingga diabetes tipe 2.

Lalu untuk kopi yang dicampur protein, Glassman menyebut sifatnya juga baik untuk kesehatan. Asalkan kopi dan bubuk protein yang digunakan juga yang sehat.

Kopi disebut sehat apabila diracik tanpa tambahan gula, pemanis buatan, atau krimer. Kemudian pilih bubuk protein yang berkualitas tinggi. Asupan protein punya banyak manfaat untuk tubuh.

Glassman menyebut minum protein di pagi hari terbukti mampu mengatur kadar gula darah. Kondisi ini juga mencegah kamu untuk makan berlebih di waktu makan selanjutnya karena protein memberi rasa kenyang lebih lama.

Proffee bukan pengganti sarapan

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

Perlu diingat, selain bubuk protein pada proffee, sebenarnya penambahan susu juga sudah bisa meningkatkan kandungan protein dalam kopi. Susu sapi, misalnya, mengandung 8 gram protein per cup.

Lalu ada susu almond yang mengandung 2 gram protein per cup. "Jadi, menambahkan bubuk protein pada dasarnya hanya meningkatkan jumlah protein kopi Anda. Ingat saja: Kualitas adalah yang paling penting," kata Glassman.

Ia juga menegaskan agar orang-orang melihat kembali tujuan mereka minum proffee. Minuman ini bukan disarankan sebagai pengganti sarapan, melainkan sebagai pelengkap yang menyehatkan.

"Jika ingin minum proffee, pastikan menggunakan bahan berkualitas dan tidak menjadikannya pengganti waktu makan. Minuman ini bisa jadi pilihan menyehatkan untuk banyak orang, selama kamu meminumnya dengan cara sehat," pungkas Glassman.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com