7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga Kulit

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 12:30 WIB
7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga Kulit Foto: iStock
Jakarta -

Bukan hanya buahnya, daun pepaya ternyata memiliki manfaat baik untuk tubuh. Berikut ini tujuh manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Pepaya merupakan buah tropis yang sangat mudah dan banyak ditemukan di Indonesia. Jika biasanya buah pepaya seringkali diolah menjadi masakan atau dimakan langsung, ternyata daun pepaya juga bisa dimanfaatkan.

Selama ini, daun pepaya dikenal baik untuk membungkus daging yang dipercaya dapat menghilangkan bau dan membantu mengempukkan daging. Ternyata, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Daun pepaya bisa diolah menjadi teh, direbus, diekstrak, hingga dibuat menjadi jus untuk dikonsumsi dan mendapatkan manfaat kesehatannya. Manfaatnya beragam, mulai dari mengatasi gejala demam berdarah hingga kandungan antikanker dimiliki oleh daun pepaya.

Berikut ini 7 manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh menurut Healthline (15/4).

7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga Kulit7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga Kulit Foto: iStock

1. Mengatasi Gejala Demam Berdarah

Sebuah manfaat kesehatan dari daun pepaya telah terbukti secara medis. Oleh para dokter, daun pepaya dikaitkan dengan potensi mengatasi gejala pda demam berdarah yang cukup efektif.

Pada beberapa kasus, daun pepaya bahkan bisa mengurangi kadar patelet darah yang akan berbahaya jika tidak segera diatasi. Daun pepaya kemudian dianggap sebagai obat bagi gejala demam berdarah yang mudah dan murah didapatkan.

2. Mengendalikan Gula Darah

Pada kepercayaan medis Meksiko kuno, daun pepaya dipercaya sebagai obat untuk diabetes dan meningkatkan pengendalian gula darah. Daun pepaya digunakan sebagai terapi pengobatan alami yang seringkali dilakukan oleh para penderita diabetes.

Berdasarkan penelitian pada seekor tikus, daun pepaya terbukti memiliki antioksidan yang menjaga produksi insulin pada pankreas. Namun, para peneliti merasa membutuhkan penelitian yang lebih dalam langsung pada manusia untuk membuktikan manfaatnya secara nyata.

Baca juga: Meski Pahit, Daun Pepaya Punya 5 Manfaat Sehat Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Daun Pepaya, Rasa Pahit yang Kaya Manfaat Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com