Dikenal Pahit! Inilah Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Tri Suharyati - detikFood Selasa, 03 Mar 2020 06:30 WIB
daun pepaya Manfaat Daun Pepaya (Foto: istimewa)
Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya? Buah berwarna oranye dengan biji kecil di dalamnya ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain buahnya yang kaya akan manfaat, daun pepaya pun kaya manfaat.

Memang sih, daun pepaya ini memiliki rasa yang pahit. Namun bisa dijadikan bahan masakan seperti tumisan, urap, lalapan bahkan jus.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

1. Mengatasi Demam Berdarah

Kandungan acetogenin pada daun pepaya dipercaya bisa mengatasi demam berdarah. Demam berdarah disebabkan karena menurunnya trombosit karena gigitan nyamuk Aedes.

Ahli gizi Dr. Sheela Krishnaswamy mengatakan penelitian telah membuktikan bahwa jus daun pepaya berkontribusi secara signifikan dalam produksi trombosit sehingga dengan megonsumsi jus daun pepaya trombosit bisa meningkat kembali.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, disarankan untuk mengonsumsi jus daun pepaya yang memiliki kandungan protease dan amylase. Enzim-enzim ini membantu memecah protein, karbohidrat dan mineral sehingga melancarkan pencernaan. Daun pepaya juga punya sifat anti radang untuk perut dan usus. Jusnya dapat menyembuhkan radang dinding lambung dengan membunuh bakteri H.Pylori.

3. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes biasa dialami oleh sebagian orang yang memiliki kadar gula berlebih pada tubuh. Mengonsumsi Jus daun pepaya juga bermanfaat untuk penderita diabetes karena dapat mengatur produksi insulin, yang berpengaruh pada kadar gula darah. Jus ini merupakan antioksidan kuat yang bantu menurunkan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal dan gangguan hati akibat timbunan lemak.

4. Mencegah Kanker

Rasa pahit dalam jus daun pepaya ini dapat mencegah resiko penyakit kanker. Ekstrak daun pepaya memiliki senyawa acetogenin yang memiliki sifat anti kanker dan bisa mengurangi efek samping dari kemoterapi. Menurut studi di journal of Ethnopharmacology, enzim ini bisa kurangi risiko pada kanker hati, paru-paru, pankreas, dan payudara.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kesehatan rambut seperti kerontokan yang bisa menyebabkan kebotakan atau terganggunya dengan ketombe. Kamu bisa gunakan ekstrak daun pepaya untuk mengatasi itu, kandungan senyawa karpainnya yang efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala. Gunakan dengan cara membalur daun pepaya yang sudah dihaluskan ke kepala, diamkan beberapa menit dan cuci hingga bersih.

6. Mengatasi Masalah Kulit

Kulit memiliki jenis yang berbeda-beda, agar kulit tetap sehat dan cerah kamu harus melakukan sedikit perawatan. Dengan jus daun pepaya kamu bisa mengatasi masalah kulit kamu seperti kusam dan berjerawat. Adanya senyawa karparin dalam ekstrak daun ini dapat mengatasi kelebihan pertumbuhan mikroorganisme, membersihkan kulit dari racun, serta melindungi kulit dari bintik dan jerawat.

7. Mengatasi Nyeri Haid

Jus daun pepaya dipercaya dapat dapat melancarkan aliran darah menstruasi dan mengurangi rasa sakit. Minum jus ini juga mengurangi gejala PMS. Sifat penyembuhannya menyeimbangkan hormon dan membuat siklus menstruasi teratur.

Manfaat daun pepaya di atas dilansir dari situs detikfood, food.ndtv.com.



Simak Video "Daun Pepaya, Rasa Pahit yang Kaya Manfaat Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)