7 Cemilan Diet yang Enak dan Rendah Kalori, Tak Khawatir Berat Badan Naik

Novia Aisyah - detikFood Jumat, 28 Mei 2021 05:00 WIB
tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas. Foto: iStock/7 Cemilan Diet yang Enak dan Rendah Kalori, Tak Khawatir Berat Badan Naik.
Jakarta -

Cemilan diet yang enak memangnya ada? Tentu saja ada dan kamu tak perlu menguras kantong untuk mendapatkan bahannya.

Untuk kamu yang sedang dalam program mengurangi berat badan, pilihan asupan makanan adalah hal yang sangat penting. Agar tidak tergoda, kamu perlu mengetahui cemilan sehat selama program diet.

Ini dia cemilan diet yang enak dan rendah kalori:

1. Buah apel dengan selai kacang

Apel memang cukup dikenal sebagai salah satu santapan ketika diet. Apel adalah makanan yang punya antioksidan polifenol untuk menjaga kesehatan usus.

Jika ingin mengkonsumsi apel sebagai selingan, kamu bisa mengkombinasikannya dengan selai kacang tanpa gula. Buah apel telah terbukti meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

2. Edamame

Edamame biasanya cukup familiar ketika disajikan bersama hidangan ala Jepang. Kedelai kukus ini juga mengandung antioksidan, serta zat besi dan magnesium.

Kadar kalori yang ada dalam satu cangkir atau sekitar 155 gram edamame adalah 180 kalori. Jangan mengkonsumsi lebih dari ini agar kadar kalori dalam tubuhmu tidak berlebihan ya.

3. Buah-buahan

Daripada mengkonsumsi makanan ringan atau gorengan, mengapa tidak mengkonsumsi buah segar? Buah-buahan adalah pilihan yang tepat sebagai cemilan diet karena tingginya kandungan serat di dalamnya.

Buah segar juga mempunyai kandungan kalori yang rendah, yaitu sekitar 116 kalori per 223 gram buah-buahan. Beberapa rekomendasi buah-buahan yang bisa kamu makan adalah pir atau semangka.

4. Buah kering

Jika ingin yang manis-manis, tak perlu mencoba gula-gula atau sejenisnya. Untuk kamu yang sedang dalam program penurunan lingkar pinggang, bisa mencoba mengkonsumsi buah kering.

Kalau ingin lebih ada variasi di dalamnya, kamu juga bisa mencoba mencampur buah kering dengan kacang-kacangan.

5. Putih telur

Dibandingkan dengan kuning telur, putih telur sebetulnya punya kandungan protein yang lebih sedikit. Walau begitu, bukan berarti putih telur tak memiliki kandungan protein sama sekali.

Putih telur tetap mempunyai kandungan protein, namun kandungan lemaknya cenderung rendah. Apalagi, kandungan protein dalam putih telur adalah jenis protein kompleks yang kualitasnya baik.

6. Oats dengan yoghurt

Kombinasi oats dengan yoghurt adalah cemilan yang nikmat, kaya serat, dan bagus untuk usus. Oats asalah makanan dengan tinggi serat sehingga mampu membuatmu kenyang lebih lama.

Di samping itu, usus mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga usus tetap sehat. Kamu bisa memadukan keduanya dalam ukuran satu mangkuk kecil atau satu stoples kecil.

7. Granola

Sebagai makanan sampingan, granola punya komposisi yang cukup lengkap. Dalam granola, kamu dapat menemukan oat, kacang, dan madu atau brown sugar di dalamnya.

Terkadang, kamu juga bisa menemukan granola yang sudah dikemas dalam bentuk batang atau bar. Cemilan seperti ini tentunya lebih praktis dibawa ke mana-mana dan sehat.

Itulah deretan cemilan untuk diet yang dapat dicoba, smeoga selalu sehat ya.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com