10 Cara Diet Sehat dan Cepat Tanpa Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Fahri Zulfikar - detikFood Rabu, 26 Mei 2021 13:00 WIB
Young beautiful blonde sporty woman on diet holding weight machine over pink background stressed with hand on head, shocked with shame and surprise face, angry and frustrated. Fear and upset for mistake. Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Banyak cara diet yang dilakukan orang untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Mulai dari diet vegan, diet dengan berpuasa, diet ketogenik, hingga diet karbo.


Namun, seringkali pada akhirnya orang fokus kepada tujuan menurunkan berat badan namun mengabaikan pola makan sehat. Padahal dilansir dari Healthline, pola makan sehat telah terbukti secara ilmiah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dan menjaga kesehatan tubuh.


Lantas adakah cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga untuk menurunkan berat badan? Berikut ulasannya.


1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Tidak dipungkiri bahwa mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk tubuh, karena makanan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.


Selain tinggi kandungan air, nutrisi dan serat, biasanya buah dan sayur juga memberikan energi dengan kalori rendah. Namun, terdapat catatan khusus yakni batasi konsumsinya karena beberapa jenis buah mengandung gula tinggi dan bisa menambah kolesterol.


2. Perbanyak Minum Air Putih

Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang kamu bakar sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya. Selain itu, minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan penurunan asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia.


Air putih sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan cepat tanpa olahraga karena memberi efek perut lebih penuh, sehingga kamu lebih tahan lapar.


3. Perbanyak sumber protein

Salah satu nutrisi yang paling ampuh dalam hal penurunan berat badan adalah protein. Tubuh membakar kalori ketika mencerna dan meningkatkan metabolisme protein hingga 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.


4. Membatasi Karbohidrat

Salah satu yang terpenting untuk menurunkan berat badan ialah dengan diet rendah karbohidrat. Dengan membatasi karbohidrat dan makan lebih banyak lemak dan protein mengurangi nafsu makan dan membantu kamu makan lebih sedikit kalori.


Hal ini dapat mengakibatkan penurunan berat badan sangat cepat hingga 3 kali lebih besar dari diet rendah lemak standar. Namun perlu dicatat dan dikontrol dengan baik untuk diet rendah karbohidrat, karena berpotensi meningkatkan banyak faktor risiko penyakit.


5. Kunyah Makanan Perlahan

Mungkin belum banyak yang tahu kalau mengunyah makanan pelan-pelan merupakan salah satu cara diet sehat https://www.detik.com/tag/cara-diet-sehat dan cepat untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa memungkinkan karena saat makan terlalu lama otak punya waktu lebih untuk mengenali rasa kenyang.


Mengunyah pelan-pelan juga memungkinkan semua makanan diproses dengan lebih baik, yang pada akhirnya menurunkan jumlah makanan yang masuk. Sekaligus memunculkan rasa kenyang lebih cepat.


6. Hindari makanan atau minuman manis

Biasanya makanan dan minuman manis mengandung gula tambahan. Selain itu, makanan dan minuman ini juga kerap mengandung nutrisi yang tidak bagus untuk kesehatan, termasuk minuman organik seperti jus buah yang mengandung gula dalam jumlah cukup banyak.


7. Catat Jumlah Kalori Harian

Menyadari apa yang kamu makan sangat membantu saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa menggunakan aplikasi di handphone kamu untuk menghitungnya atau membuat catatan harian apa saja yang sudah kamu makan pada hari itu.


8. Gunakan piring kecil

Terlihat sepele, namun memperhatikan porsi makanan jadi kunci penting dalam menurunkan berat badan. Cobalah gunakan piring yang lebih kecil ketika kamu makan makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak dan gula.


Harapannya kamu akan mengonsumsi lebih sedikit makanan tersebut. Sebaliknya, coba sajikan makanan sehat di piring yang lebih besar agar kamu bersemangat menghabiskannya lebih banyak.


9. Hindari gadget

Kebiasaan buruk bermain gadget di mana-mana termasuk saat makan juga bisa mengakibatkan hal yang tidak sehat. Baiknya hindarkan gadget atau menonton tv saat makan karena bisa memicu makan berlebih.

Dengan fokus terhadap makanan kamu akan tahu seberapa banyak makanan yang sudah masuk ke mulut.


10. Tidur Cukup

Cara diet sehat dan cepat untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah tidur yang cukup. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur 55 persen lebih mungkin mengalami obesitas, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Sebab kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com