7 Tips Diet untuk Pemula Secara Alami, Hasilnya Efektif dan Aman

Novia Aisyah - detikFood Sabtu, 22 Mei 2021 06:00 WIB
5  Tips Diet Sabrina Chairunnisa saat Berpuasa Foto: iStock
Jakarta -

Diet untuk pemula tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan secara frontal. Penting untuk mengetahui trik apa saja yang aman, tetapi juga efektif.

Dalam melakukan diet, perlu diingat pula bahwa nutrisi yang dibutuhkan, tidak boleh sampai defisit. Karena itu, untuk mengetahui cara aman bagi yang baru memulai diet, detik telah merangkumnya sebagai berikut!

1. Sarapan rendah kalori

Walaupun sedang diet, kamu tak boleh melewatkan menu sarapan begitu saja. Terlebih lagi, sangat penting untuk memilih menu yang nutrisinya mengandung banyak serat serta vitamin.

Beberapa contoh makanan diet yang bisa kamu coba adalah pisang, yoghurt, smoothies, oatmeal, atau berries.

Satu buah pisang yang berukuran sedang memiliki sekitar 100 kalori dan 3 gr serat. Di samping itu, satu cangkir yoghurt berprotein tinggi juga bisa menjagamu kenyang lebih lama.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih tidak hanya membuat tubuhmu tetap terhidrasi. Air putih dapa mendorong pembuangan racun-racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan menghindari dari mengkonsumsi camilan yang tak perlu.

Jika sedang merasa lapar, padahal sudah makan, jangan terburu-buru langsung makan atau makan camilan. Ada baiknya meminum air putih karena bisa jadi tubuh kamu hanya sedang membutuhkan air.

3. Pilih asupan makanan dengan karbohidrat kompleks

Kenapa harus karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat yang tinggi dan tentunya bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Jika ingin tetap makan nasi, kamu bisa pilih untuk mengkonsumsi nasi merah. Pilihan karbohidrat lain yang bisa dipilih adalah pasta gandum utuh, kentang, atau biji-bijian kaya serat lainnya.

4. Konsumsi ikan

Tips diet untuk pemula selanjutnya adalah mengkonsumsi ikan. Alih-alih makan daging, kamu bisa mencoba mengkonsumsi ikan sebagai gantinya.

Tak hanya kaya protein, ikan juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan, terutama karena kandungan omega-3 yang tinggi.

Sebaiknya, kamu mengkonsumsi ikan 2 porsi dalam seminggu.

5. Atur jadwal makan

Bukan berarti karena sedang diet, maka kamu boleh sengaja melompati jadwal makan.

Kamu tetap perlu mengatur jadwal makan agar tidak sampai kelaparan. Jadwal makan ini juga harus teratur, asalkan sesuai kebutuhan serta apa yang kamu konsumsi sesuai dengan ketentuan diet sehat.

6. Makan perlahan-lahan

Makan tergesa-gesa bisa membuatmu cepat merasa lapar juga lho. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang makan tergesa-gesa, justru punya risiko obesitas hingga 115 persen, daripada yang makannya perlahan-lahan.

Makan dengan perlahan-lahan bisa membuatmu mengurangi jumlah kalori yang akan dikonsumsi. Otomatis, makan pelan-pelan juga menghidarkanmu dari makan terlalu banyak.

7. Olahraga

Satu hal yang sering dilupakan ketika seseorang sedang diet adalah berolahraga. Jika ingin hasil diet yang efektif, maka olahraga adalah salah satu langkah yang tidak boleh dilupakan.

Setidaknya, lakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari. Selain membakar kalori yang berlebih, olahraga juga bermanfaat dalam membentuk ototmu lho.

Tips diet untuk pemula ini bisa dilakukan oleh kalian yang baru saja terpikir melakukan diet ya, detikers. Jangan lupa juga untuk tetap disiplin!



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com