5 Menu Sarapan Enak Rendah Kalori untuk Diet Setelah Lebaran

Sonia Basoni - detikFood Senin, 17 Mei 2021 06:00 WIB
5 Menu Sarapan Enak Rendah Kalori untuk Diet Setelah Lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/Wittayayut
Jakarta -

Bagi yang sedang jalani program diet usai Lebaran. Tetap bisa sarapan enak dan mengenyangkan, dengan pilihan menu sarapan rendah kalori ini.

Berbagai hidangan lezat seperti opor ayam, rendang, hingga aneka kue kering jadi penyebab utama banyak orang alami kenaikan berat badan usai Lebaran.

Agar berat badan kembali ke angka semula, banyak orang diet atau membatasi asupan makan mereka. Tapi tak perlu terlalu ekstrem, sampai melewatkan waktu sarapan.

Karena menu-menu sarapan ini punya kandungan kalori yang cukup rendah. Namun tetap enak dan mengenyangkan, dibandingkan menu makanan sarapan lainnya.

Seperti dada ayam rebus ala Hainan, bubur ayam dengan kuah yang dipisah. Ada juga telur orak-arik yang jadi menu andalan orang-orang saat diet.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima menu sarapan rendah kalori yang cocok bagi pejuang diet.

1. Bubur Ayam

5 Menu Sarapan Enak Rendah Kalori untuk Diet Setelah Lebaran5 Menu Sarapan Enak Rendah Kalori untuk Diet Setelah Lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/Wittayayut

Menu sarapan sejuta umat yang digemari di Indonesia ini, tetap bisa disantap lho meski sedang diet. Tentunya dengan cara penyajian yang sedikit berbeda.

Jika biasanya bubur ayam disajikan dengan topping kacang kedelai goreng, cakwe, kerupuk, emping, kecap hingga aneka sate yang melimpah. Kalau sedang diet, cukup sarapan dengan seporsi bubur ayam tanpa topping.

Pisah kuah ayam kuning, untuk menghemat kalori. Dalam satu porsi bubur tanpa topping kisarannya sekitar 200 kkal. Sementara untuk suwiran daging ayamnya sekitar 50-60 kkal per porsi.

Tuangkan kuah kuning secukupnya. Hindari menyantap bubur ayam dengan tambahan kerupuk, cakwe, dan sate yang bisa membuat kalori bubur ayam meningkat drastis.

Baca Juga: Kalori Bubur Ayam Komplet yang Gurih dengan Kuah Kuning Mantap

2. Nasi Ayam Hainan

5 Menu Sarapan Enak Rendah Kalori untuk Diet Setelah Lebaran5 Menu Sarapan Enak Rendah Kalori untuk Diet Setelah Lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/Wittayayut


Makanan yang satu ini, identik dengan sajian ayam rebus dengan nasi kaldu ayam aromatik. Menu yang satu ini bisa jadi inspirasi sarapan sehat rendah kalori.

Dalam satu porsi ayam Hainan potongan dada yang direbus (100 gram). Terdapat sekitar 206 kkal. Kalau mau pakai kuah kaldu rebusan ayamnya juga bisa. Tapi bagi kamu yang sedang diet ketat, sebaiknya hindari menyantap ayam rebus ini dengan nasi aromanya.

Karena di dalam satu porsi nasi ayam Hainan, lengkap dengan sausnya hitungan kalorinya mencapai sekitar 600 kkal. Bisa ganti nasi dengan sayuran rendah kalori seperti selada atau mentimun, agar perut terasa lebih kenyang.

Baca Juga: Resep Pembaca : Nasi Ayam Hainan ala Restoran yang Gurihnya Mantap

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com