Kentang Panggang Renyah Dalam 20 Menit, Begini Caranya

Diah Afrilian Dini - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 16:00 WIB
Cara Bikin Kentang Panggang Renyah Foto: iStock
Jakarta -

Kentang panggang yang renyah di bagian luar dan empuk bagian dalam sangat enak dikunyah. Ikuti tips membuatnya dari chef berikut ini.

Dan Kluger, seorang Chef asal Amerika membagikan rahasianya untuk menghasilkan kentang panggang enak hanya dalam 20 menit. Ia bagikan tipsnya melalui bukunya 'Chasing Flavour: Technique and Recipes to Cook Fearlessly'.

Kentang panggang bisa jadi pelengkap steak atau ayam goreng yang enak. Salah satu rahasia yang dibagikan, sang chef memakai baby potatoes atau kentang rendang atau kentang baru.

Cara Bikin Kentang Panggang RenyahCara Bikin Kentang Panggang Renyah Foto: iStock

Kentang kecil ini tak perlu dipotong-potong karena ukurannya untuk sekali suap. Ia juga menggunakan putih telur yang telah dikocok hingga kaku atau sampai tidak ada cairan yang tersisa di bagian bawah mangkok.

Selanjutnya kentang dimasukkan ke dalam mangkok berisi putih telur kocok hingga terbalut rata. Taburi dengan merica dan garam. Taruh di loyang atau wadah tahan panas dan panggang dalam oven panas 200 C selama 20 menit.

Baca Juga: Ini Resep Rahasia Kentang Goreng a la Fast Food yang Gurih Crispy

Cara Bikin Kentang Panggang RenyahCara Bikin Kentang Panggang Renyah Foto: iStock

Trik ini tidak memakai teknik rebus, memotong dan menggunakan minyak panas, melainkan menggantinya dengan melapisi kentang menggunakan putih telur.

"Rahasia mendapatkan kulit kentang yang garing renyah adalah melapisi dengan putih telur," ungkap chef Dan Kluger seperti dilansir mirror.uk (16/11).

"Kocok putih telur hingga berbusa dan tidak ada lagi cairan yang tersisa pada mangkuk. Masukkan kentang, lapisi kentang dengan putih telur hingga tertutup sempurna, kemudian keluarkan dan saring hingga tidak ada sisa yang menempel kemudian bumbui," ungkap Kluger.

Cara Bikin Kentang Panggang RenyahCara Bikin Kentang Panggang Renyah Foto: iStock

Teknik ini sangat cocok untuk mengolah kentang dengan ukuran yang kecil dan baru. Kentang dengan jenis tersebut bagian kulitnya masih sangat mudah untuk menjadi renyah. Sedangkan, kentang dengan ukuran yang lebih besar akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memanggangnya.

"Jika sulit untuk mendapatkan kentang yang kecil dan baru, pilih kentang jenis tes dengan ukuran yang kecil. Setelah itu hanya tinggal menyesuaikan waktu memanggangnya," jelas Dan Kluger.

Baca Juga: Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2)



Simak Video "Dibuang Sayang, Kulit Kentang Bisa Dibuat Jadi Keripik Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)