Ini Resep Rahasia Kentang Goreng a la Fast Food yang Gurih Crispy

Riska Fitria - detikFood Rabu, 06 Mei 2020 13:00 WIB
kentang goreng Foto: istimewa
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Kentang goreng yang ada di restoran fast food ini memang jadi kesukaan semua orang. Ternyata ada trik tertentu yang membuat kentang goreng garing renyah.

Restoran fast food McDonald's memang terkenal dengan kentang gorengnya yang renyah, dan berbeda dengan kentang goreng lainnya. Bahkan ketika mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah rasanya sangat berbeda.

Ternyata ada trik tertentu yang dipakai oleh restoran fast food tersebut sehingga rasanya gurih, crispy di luar dan lembut di dalam juga tidak berminyak. Melalui beberapa unggahan di Facebook story, restoran fast food itu membagikan resep rahasianya, seperti berikut:

kentang gorengkentang goreng Foto: istimewa


1. Siapkan es batu, kaldu sapi, susu kedelai, corn syrup dan soda kue. Aduk semua bahan tersebut.
2. Masukkan potongan kentang ke dalam kaldu.
3. Simpan kentang ke dalam kulkas selama 5 menit.
4. Panaskan minyak hingga suhu 200 derajat C.
5. Goreng kentang dalam minyak mendidih selama 3 menit.
6. Tiriskan minyak.
7. Taburi sedikit garam saat ingin menyantapnya.

Baca Juga : Cara Membuat Kentang Goreng Renyah yang Tahan Lama

kentang gorengkentang goreng Foto: istimewa


Unggahan soal resep kentang goreng fast food itu kemudian dibagikan ulang oleh pengguna twitter @ayupermata dan mendapat tanggapan dari netizen lainnya.

Salah satunya adalah netizen @zulkifli_me yang mencoba untuk membahas fungsi dari bahan-bahan yang dipakai pada resep kentang goreng tersebut.

Seperti soda kue misalnya yang akan membuat kentang goreng terasa lebih garing dan crispy. Ia menuliskan bahwa soda kue akan melepas karbon dioksida selama penggorengan yang membentuk rongga kecil di dalam kentang goreng dan menekan kandungan air.

Selain itu, soda kue juga akan mengurangi penyerapan minyak ke dalam kentang selama penggorengan. Sementara penggunaan dari corn syrup dan susu kedelai dapat berfungsi untuk menyeragamkan warna dari kentang goreng yang sudah matang.

kentang gorengkentang goreng Foto: istimewa


"Warna coklat yang terbentuk selama kentang goreng dihasilkan dari reaksi maillard yang dihasilkan dari reaksi gula dengan asam amino," tulisnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa secara alami kentang goreng memiliki kandungan tersebut. Hanya saja setiap potong kentang memiliki kadar gula dan asam amino sehingga menyebabkan warna coklat yang tidak merata.

Karena itulah, ditambahkan corn syrup yang berperan sebagai sumber gula dan susu kedelai sebagai sumber asam amino. Selain itu, dua bahan tersebut bisa mempercepat timbulnya warna coklat saat penggorengan.

Penggunaan kaldu sapi berfungsi untuk penyedap rasa. Sementara penggunaan es batu dan proses penyimpanan di dalam kulkas berfungsi supaya kentang tidak banyak menyerap air selama penggorengan.

"Ketika kentang didinginkan terlebih dahulu, air yang ada di dalam kentang akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai titik didihnya, sehingga air sulit menguap dan akan lebih lama digantikan oleh minyaknya, jadi gak akan terlalu berminyak nantinya," tulisnya.

Baca Juga : Stop Tuangkan Kentang Goreng ke Nampan, Ini Alasannya!



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat