7 Makanan untuk Penderita Anemia, yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 05:00 WIB
ilustrasi kedelai Foto: thinkstock
Jakarta -

Penderita anemia perlu mengasup makanan dengan tepat. Ada makanan yang harus dikonsumsi dan ada juga yang harus dihindari. Berikut daftarnya!

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup sehat. Anemia merupakan hasil dari kekurangan sel darah merah atau disfungsi produksi sel darah merah dalam tubuh.

Anemia ini biasanya akan merujuk pada kurangnya oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh akibat sel darah merah yang tidak tercukupi. Gejala yang dirasakan oleh penderita anemia ini seperti merasa lesu, tubuh yang melemah, mudah lelah, cepat letih hingga sakit kepala dan pandangan yang kabur.

Untuk mengatasi agar gejala anemia tak semakin parah sebenarnya bisa disesuaikan melalui pola makan. Beberapa makanan disarankan untuk dikonsumsi serta beberapa lainnya disarankan untuk dihindari.

Berikut ini 7 makanan yang baik dikonsumsi dan harus dihindari untuk penderita anemia menurut MSN Lifestyle (19/5).

ilustrasi biji kopiFoto: iStock

1. Kopi

Kopi dikaitkan dengan efek mengganggu penyerapan dan bahkan penyimpanan zat besi yang ada pada tubuh. Tetapi efek ini ternyata bukan disebabkan oleh kafein.

Polifenol menjadi senyawa yang sangat berpengaruh pada gangguan penyerapan dan penyimpanan zat besi oleh tubuh. Jika efek ini disebabkan oleh polifenol dan bukan kafein, artinya kopi decaf sekalipun harus dihindari oleh penderita anemia.

Baca juga: Hari Gizi Nasional, 7 Makanan Cegah Anemia yang Bisa Nambah Darah

2. Telur

Kuning telur diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan terbentuk secara alami. Sayangnya, telur juga memiliki protein yang bernama phostivin yang dapat menyebabkan kegagalan penyerapan zat besi makanan yang lainnya.

Mengonsumsi telur dalam jumlah banyak akan membuat tubuh menjadi sulit untuk menyerap zat besi dari makanan lain kecuali telur itu sendiri. Cara menyiasati pencegahan penyerapan zat besi ini adalah mengonsumsi asamaskorbat yang ada pada vitamin C untuk membantu melepaskan zat besi yang tertahan olehphostivin. Salah satu caranya dengan makanomelet dengan jus jeruk di pagi hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com