Makan Telur Setiap Hari Sehatkah? Ini Kata Ahli!

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 07:00 WIB
makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan? Foto: istock
Jakarta -

Banyak yang meragukan efek kesehatan makan telur setiap hari. Ini karena telur mengandung kolesterol cukup tinggi. Berikut penjelasan dari ahli.

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang baik. Bahan makanan satu ini juga mudah diolah, murah dan mudah didapat. Maka tak heran kalau banyak orang yang menggemarinya.

Biasanya orang-orang mengonsumsi 1 sampai 2 butir telur dalam sehari. Olahannya bisa berupa telur mata sapi, omelet, orak-arik, atau hidangan lainnya.

Walaupun kandungan nutrisinya sangat beragam, namun banyak juga yang meragukan manfaat sehat telur. Karena telur dianggap dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan?makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan? Foto: istock

Baca Juga: 10 Resep Telur yang Terkenal Enak dan Praktis Buat Sarapan

Dikutip dari Insider (18/5), hal ini sudah ditepis oleh dua orang ahli diet. Mereka mengatakan kalau telur tidak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

"Banyak orang bingung dengan telur karena kami melihat begitu banyak informasi yang saling bertentangan. Ternyata informasi tersebut berasal dari ahli gizi dan ahli kesehatan yang merekomendasikan orang untuk menghindari telur pada 10 tahun lalu," ujar Kylie Sakaida seorang ahli diet.

makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan?makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan? Foto: istock

Pada tahun sebelum 2015, para peneliti ini tidak memahami hubungan antara kolesterol pada makanan dengan penyakit kardiovaskular. Mereka menganggap makanan dengan kandungan kolestorol tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol darah yang kemudian dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Saat itu terdapat pedoman diet yang menetapkan batas kolesterol makanan pada 300 miligram per hari. Karena telur mengandung 185 miligram kolesterol, maka orang-orang diminta untuk menghindari konsumsi telur.

Namun pada tahun 2015, Dietary Guidelines for American mengatakan kalau tidak ada bukti bahwa kolesterol makanan adalah kontributor langsung dalam peningkatan kadar kolesterol darah.

makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan?makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan? Foto: istock

Rachel Hartley seorang ahli diet menganjurkan untuk memperhatikan bahan makanan yang biasa dikonsumsi bersama telur. "Dianjurkan untuk memperhatikan lemak jenuh, lemak trans, gula tambahan, yang lebih berperan dalam menyebabkan penyakit jantung," ujar Hartley.

Artinya kamu harus memperhatikan makanan pendamping telur. Seperti bacon atau sosis yang tinggi lemak.

Banyak juga orang yang beranggapan kalau lebih sehat menyantap putih telurnya saja. Sakaida mengatakan hal ini karena sebagian besar kolesterol dan lemak telur terdapat pada kuning telur. Karenanya banyak orang menghindari konsumsi kuning telur.

Sakaida mengatakan pada orang-orang kalau kuning telur tidak menakutkan dan jangan dihindari. Karena kalau tidak mengonsumsi kuning telur juga bisa kehilangan beberapa nutrisi penting.

Selain sumber protein yang baik, telur juga dapat membantu membangun otot tanpa lemak. Telur juga bisa membantu pertumbuhan sel dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Makan Telur Saat Sarapan



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com