Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 06:00 WIB
Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bagi yang suka telat tidur sampai begadang semalaman jangan asal sarapan. Ada menu sarapan sehat untuk menjaga stamina tubuh.

Ada banyak jenis makanan, sayuran hingga buah yang memiliki manfaat kesehatan berbeda. Asupan ini bisa disesuaikan dengan pola rutinitas kita sehari-hari.

Menurut ahli gizi senior Alex Glover dan Simon Steenson, ada beberapa makanan yang cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Khusus bagi orang-orang yang sering tidur telat dan begadang.

Mulai dari membuat kombinasi jenis sayur dan buah, sampai memilih makanan yang mengandung lebih banyak serat.

Dilansir dari Huffington Post (18/05), berikut beberapa menu sarapan sehat untuk orang yang suka begadang.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Bikin Berat Badan Cepat Turun, Cocok Buat Sarapan Sehat

1. Pemilihan Makanan

Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan BegadangMenu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut Dokter Steenson, belum ada bukti yang pasti apakah pemilihan waktu makan, berpengaruh pada kenaikan berat badan. Menurutnya lebih penting fokus pada pemilihan makanan yang akan disantap.

"Setiap orang perlu mencari tahu pola makan yang terbaik untuk mereka. Misalnya buat orang yang rajin bangun pagi, tak masalah langsung sarapan. Begitu juga dengan orang yang begadang, dan bangun di siang hari. Sah-sah saja kalau mau sarapan," ungkap Dokter Steenson.

"Paling penting kita perlu menyeimbangkan jenis makanan yang akan dimakan. Wajib menggabungkan banyak buah dan sayuran, bisa juga makanan yang tinggi serat," sambungnya.

2. Menu Sarapan Praktis

Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan BegadangMenu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagi yang sering begadang atau telat tidur, bangun pagi bisa menjadi hal yang sulit. Kebanyakan orang-orang lebih memilih untuk memanfaatkan waktu yang tersisa dengan tidur.

Tak jarang mereka selalu terburu-buru dan terlambat di pagi hari. Sampai tidak sempat menyiapkan atau membuat sarapan.

"Buat yang sering begadang, kunci utamanya pilih menu sarapan yang praktis dan mudah dimakan. Tidak perlu makanan berat, cukup makanan ringan yang bisa memasok energi agar tubuh tidak lemas," saran Glover.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com