5 Sayuran Ini Bikin Berat Badan Cepat Turun, Cocok Buat Sarapan Sehat

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 26 Mar 2021 05:00 WIB
5 Sayuran Ini Bikin Berat Badan Cepat Turun, Cocok Buat Sarapan Sehat Foto: Getty Images/GMVozd
Jakarta -

Menu sarapan sehat bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Ada beberapa sayuran sehat untuk sarapan yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Banyak orang yang masih malas menyantap sayuran di pagi hari. Padahal sayuran ini bisa menjadi sumber energi hingga meningkatkan kesehatan tubuh. Terutama bagi orang-orang yang sedang berdiet menurunkan berat badan.

Tak perlu sayuran yang susah dicari. Banyak sayuran yang mudah ditemukan dengan harga murah, yang bisa dimasukkan ke dalam menu sarapan. Beberapa jenis sarapan ini disebut bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang membuat berat badan lebih cepat turun.

Dilansir dari She Finds dan sumber lainnya (26/03), berikut lima sayuran sehat untuk sarapan yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga: 7 Hal Sepele yang Bikin Berat Badan Kamu Naik Saat Diet


1. Bayam

Viral di Twitter, Bayam Kini Bisa Kirim Email untuk ManusiaBayam Foto: Twitter/Getty Images

Selain mudah ditemukan dan harganya yang relatif murah. Sayuran bayam ini bisa diolah menjadi beragam masakan. Bahkan dibuat jadi jus, smoothies atau sayur kuah bening untuk sarapan enak.

Sayuran hijau yang satu ini terkenal sebagai makanan sehat dengan segudang manfaat. Bayam mengandung kalsium, vitamin A, potassium. Bayam berguna untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh, yang penting dalam proses penurunan berat badan.

Selain itu bayam sangat rendah kalori. Per 100 gram sayur bayam kisaran kalorinya sekitar 23-26 kalori saja. Biasanya bayam ini diolah menjadi menu omelet untuk sarapan yang lebih bergizi dan sehat. Cek resep omelet dengan bayam enak di sini.


2. Brokoli

5 Sayuran Ini Bikin Berat Badan Cepat Turun, Cocok Buat Sarapan Sehat5 Sayuran Ini Bikin Berat Badan Cepat Turun, Cocok Buat Sarapan Sehat Foto: Getty Images/GMVozd

Mirip seperti bayam, brokoli juga mudah ditemukan dan bisa dinikmati sebagai menu sarapan yang sehat. Brokoli ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Karena sayuran hijau ini mengandung glucoraphanin.

Glucoraphanin ini membantu mengembalikan metabolisme pada tubuh agar lebih seimbang. Lalu rajin mengonsumsi brokoli bisa menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko berbagai penyakit terkait penuaan dan usia.

Sayuran ini aman dikonsumsi saat diet karena per 100 gram, kandungan sekitar 34 kalori saja. Selain itu ada kandungan vitamin C di dalam brokoli yang mencegah tubuh agar tidak gampang jatuh sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com