Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 05:00 WIB
Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock

3. Minum banyak air

Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks TubuhMakan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock

Cara yang paling cepat yang bisa dilakukan tepat setelah makan banyak adalah banyak minum air. Cairan dari air sangat efektif untuk membantu setidaknya mengurangi sisa-sisa makanan yang bisa langsung dibuang.

Air dapat mendorong sisa-sisa makanan yang tak bisa diserap oleh tubuh melalui urin dan atau keringat. Selain itu, banyak minum air setelah makan juga akan membantu meningkatkan metabolisme sehingga pencernaan makanan akan lebih cepat.

Agar tak bosan, minum air juga bisa ditambahkan dengan rasa alami misalnya seperti infused water. Tak hanya dengan minum air putih, konsumsi air kelapa atau buah tinggi air juga dapat menjadi selingan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan minum air dan membantu mendorong makanan di dalam tubuh.

4. Makan lebih banyak serat

Berpuasa setelah makan dalam jumlah banyak mungkin menjadi hal yang sering dianggap sebagai alternatif. Ternyata, makan banyak serat justru lebih efektif untuk mendorong makanan keluar.

Makan makanan sehat dan tinggi serat akan sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan mendorong pencernaan untuk bekerja. Jika metabolisme bekerja lebih cepat, makanan akan segera dicerna dan sisanya yang tak tercerna akan langsung dibuang sebagai feses.

Makronutrien yang ada pada makanan sehat yang tinggi serat juga akan membantu ginjal dan liver untuk membuang sampah endapan makanan dari dalam tubuh dengan lebih baik. Makanan tinggi serat ini juga bisa membantu meningkatkan bakteri baik dalam usus sehingga dapat meningkatkan fungsi usus.

5. Makan makanan mentah dan fermentasi

Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks TubuhMakan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock

Makan makanan yang telah difermentasi menjadi ide bagus lainnya untuk mendetoks tubuh setelah makan dalam jumlah yang banyak. Makanan yang difermentasikan seperti yogurt, kefir atau acar dapat membantu proses pencernaan.

Makanan yang telah terfermentasi ini juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu detoks tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan probiotik pada makanan yang telah difermentasi dapat membantu perkembangan formasi bakteri baik dalam usus.

Semakin banyak bakteri baik yang ada dalam usus terbukti berkaitan dengan peningkatan kesehatan usus dan bahkan untuk kesehatan secara menyeluruh. Sederhananya, untuk tetap sehat setelah makan banyak kamu bisa menutup waktu makan dengan seporsi yogurt.

Baca juga: 7 Cara Detoks Tubuh yang Gampang, Nggak Perlu Diet!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com