7 Cara Detoks Tubuh yang Gampang, Nggak Perlu Diet!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 08:00 WIB
Healthy Lifestyle, Food. Happy Woman Drinking Summer Refreshing Fruit Flavored Infused Water With Fresh Organic Lemon, Lime, Mint. Detox Vitamin-fortified Water. Healthy Eating. Vitamin, Diet Concept. Foto: iStock
Jakarta -

Cara detoks tubuh ini mudah dipraktikkan. Tanpa perlu susah berdiet, kamu bisa mendetoks tubuh lewat minum teh hijau hingga ngemil sehat.

Detoks tubuh pada prinsipnya adalah membersihkan tubuh dari zat-zat yang tak diperlukan tubuh. Kepada Asia One (1/10), ahli gizi Alessia Tan berujar detoks tubuh diperlukan agar seseorang terhindar dari serangan bakterI dan virus.

"Tubuh yang sehat dapat menghilangkan zat beracun yang dihasilkan melalui fungsi normal (organ)nya. Namun, selama bertahun-tahun dimana hati kita digunakan sebagai tempat pembuangan, hati kita akan mencapai titik puncaknya," kata Tan.

Untuk mengatasinya, tak perlu diet ketat seperti minum jus saja, Tan menjelaskan detoks tubuh bisa melalui penerapan pola makan sehat. Dilakukan secara bertahap dan perlahan, pola makan ini bisa berlangsung lama dan membuat tubuh lebih 'bersih'.

Berikut 7 cara detoks tubuh yang mudah, tanpa diet ketat:

1. Kurangi jendela makan

Membuat jendela makan atau waktu makan penting untuk memastikan kita tak makan berlebih. Apalagi kalau sudah malam hari, sebaiknya memang tidak makan berat atau ngemil tak sehat.

Buat jendela makan 12 jam agar tubuh bisa memasuki fase puasa. Artinya, jika Anda melahap makanan terakhir pada jam 9 malam, makan berikutnya baru boleh jam 9 pagi pada esok harinya.

2. Minum air lemon

khasiat sehat minum air lemonFoto: iStock

Kebanyakan makan makanan tinggi sodium bisa picu perut kembung dan masalah lainnya. Atasi dengan minum racikan air buah citrus, salah satunya lemon.

Buah ini tinggi antioksidan yang bisa merangsang enzim di hati untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sekaligus menjaga kesehatan usus.

Keluarga buah jeruk juga kaya vitamin C yang bersifat sebagai pendetoks alami. Caranya mudah, cukup masukkan beberapa irisan lemon atau jeruk nipis ke dalam segelas minuman Anda.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3