Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membantu Perut Cepat Ramping

Regita Lorena - detikFood Senin, 31 Jul 2017 10:56 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh hijau jadi pilihan saat berdiet. Selain banyak khasiat sehat, teh hijau juga rendah kalori dan diyakini dapat membantu membakar lemak.

Banyak orang jatuh hati pada teh hijau yang diketahui banyak manfaatnya. Bahkan, menghirup teh hijau diyakini dapat menyembuhkan dan menyehatkann tubuh dari dalam.

Tidak hanya itu, teh hijau juga baik dijadikan sebagai minuman detoks. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah.

Teh hijau mengandung antioksidan, polifenol dan flavonoid yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga melindungi tubuh dari penyakit inflamasi seperti batuk dan flu.

Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membantu Perut Cepat RampingTeh Hijau Punya Banyak Manfaat Kesehatan bagi Tubuh (Foto: iStock)


Namun, diantara semua manfaat teh hijau tersebut, alasan paling umum orang mengonsumsi teh hijau adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan dan membuat perut lebih ramping.

Baca juga: Inilah Sebabnya Minum Teh Hijau Efektif Turunkan Berat Badan

Para ahli mengungkapkan bagaimana teh hijau dapat membawa perubahan pada perut. Sebaiknya berapa gelas yang harus di konsumsi dalam sehari?

"Teh hijau memiliki nol kalori, juga cenderung dapat mengisi perut dan membuat kenyang, sehingga mencegah Anda makan makanan berlemak. Teh hijau juga kaya akan antioksidan dan Katekin yang dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menyarankan 2-3 cangkir teh hijau dapat membantu mendapatkan perut yang rata," ungkap Rupalli Dutta, konsultan nutrisi
seperti dikutip dari food.ndtv.com (26/7).

Studi juga menunjukkan bahwa takaran konsusmi teh hijau tergantung pada kualitas teh hijau itu sendiri. Untuk menurunkan berat badan, standar yang dianjurkan adalah 2 sampai 3 cangkir teh hijau per hari dengan total 240 sampai 320 mg polifenol atau 100 sampai 750 mg ekstrak teh hijau.

Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membantu Perut Cepat RampingMinum 2-3 Cangkir Teh Hijau Tiap Hari untuk Turunkan Berat Badan (Foto: iStock)

Teh hijau memiliki banyak senyawa, termasuk kafein dan polifenol yang mempengaruhi tubuh dengan berbagai cara. Salah satunya adalah meningkatkan metabolisme, yang membantu mempercepat pembakaran kalori. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan metabolisme hingga 4 persen.

"Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme. Bila tingkat metabolisme membaik, maka secara otomatis berat badan akan lebih cepat turun, termasuk pada bagian perut. Saya tidak akan merekomendasikan lebih dari 3 cangkir sehari, karena terlalu banyak minum teh dapat menyebabkan dehidrasi," ungkap ahli gizi, Dr. Anju Soo.

Ahli Nutrisi dan Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora menjelaskan lebih jauh peran teh hijau dalam membantu perut lebih ramping.

"Zat bioaktif pada teh hijau membantu meningkatkan metablosme yang dapat menurunkan berat badan. Antioksidan dalam teh hijau dapat menghancurkan enzim yang disebut norepinephrine, yang selanjutnya merangsang sistem syaraf untuk membakar lemak yang dilepaskan dalam aliran darah," ungkap Arora.

Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membantu Perut Cepat RampingTeh Hijau Baik Diminum Setelah Sarapan dan Makan Siang (Foto: iStock)

"Teh hijau adalah stimulan yang kuat, jadi sebaiknya jangan diminum terlalu banyak dalam sehari. Sore hari bukanlah saat yang tepat untuk penderita sleep apnea atau gangguan tidur," Arora menambahkan.

Menurut Ahli Nutrisi Mehar Rajput, waktu yang ideal minum teh hijau, setelah sarapan dan makan siang. Minum teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu mecerna makanan lebih baik dan lebih cepat.

Perlu diketahui, teh hijau tidak dapat bekerja sendiri saat menurunkan berat badan. Konsumsi teh hijau harus dibarengi dengan pola makan sehat dan olahraga.

Baca juga: Apa Benar Teh Hijau Bisa Turunkan Berat Badan dan Cegah Kanker? (1)


(adr/odi)