5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 05:00 WIB
5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak Foto: iStock
Jakarta -

Usai makan banyak saat perayaan Imlek, saatnya 'membersihkan' tubuh dari berbagai kotoran yang ada. Berikut 5 cara mudah detoks tubuh dalam satu hari.

Sering kali kamu mungkin merasakan tubuh seperti penuh. Rasanya ingin memencet tombol reset untuk mengeluarkan semua kotoran atau 'sampah' yang tersisa di tubuh akibat konsumsi banyak makanan atau melahap makanan tak sehat.

Terlebih usai merayakan Imlek kemarin. Bukan tidak mungkin kamu menyantap terlalu banyak makanan hingga membuat tubuh terasa tidak enak.

Secara fisik, mungkin ditandai dari ukuran perut yang sedikit lebih besar dari biasanya. Juga rasa begah, kembung, dan perasaan tak nyaman lainnya di perut.

Ternyata ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi seperti ini. Dikutip dari Today (30/12), berikut 5 cara mudah detoks tubuh dalam sehari yang bisa kamu lakukan usai makan banyak:

1. Air Lemon

5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak Foto: iStock

Konsumsi air lemon disebut mampu mengeluarkan lemak yang menumpuk dalam tubuh.Cara penyajiannya pun cukup sederhana dan mudah.

Saat kamu bangun tidur di pagi hari, coba konsumsi segelas air lemon hangat ataupun dingin. Kandungan pektin dalam lemon terbukti ampuh bantu menyehatkan pencernaan.

Lemon juga menjadi salah satu bahan makanan yang dikenal dengan sifat detoksifikasi. Selain itu, konsumsi segelas air lemon juga dapat membantu kamu merasa lebih kenyang.

2. Sarapan

5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak Foto: iStock

Walaupun perut terasa penuh, konsumsi sarapan justru dapat membantu racun-racun dan kotoran dalam tubuh keluar dengan lebih mudah. Sarapan walau dalam jumlah sedikit bisa membantu mengaktifkan metabolisme tubuh di pagi hari.

Melewatkan sarapan akan membuat metabolisme tubuh tetap 'tidur' hingga kamu mengonsumsi makanan kembali. Kamu bisa mengonsumsi sarapan dengan banyak air dan fokus pada asupan protein untuk mengeluarkan sisa makanan yang masih ada di dalam pencernaanmu.

Kurangi asupan karbohidrat karena protein akan lebih membantu metabolisme untuk aktif. Misalnya seperti telur orak-arik dan susu di pagi hari akan menjadi menu sarapan yang tepat.

Baca Juga: 7 Cara Detoks Tubuh yang Gampang, Nggak Perlu Diet!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Bandeng Goreng Telur dengan Sambal Tempong"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com