Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 05:00 WIB
Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Setelah makan terlalu banyak tubuh selama lebaran, sebaiknya kamu lakukan detoks tubuh. Berikut ini 5 cara alami yang bisa membantu detoks tubuh.

Pada saat perayaan idul fitri, banyak orang yang makan dalam jumlah banyak selama beberapa hari. Perayaan dengan banyak makanan enak memang cukup sulit untuk menahan keinginan untuk makan.

Tak jarang orang juga akan merasakan penyesalan setelah makan dalam jumlah yang banyak. Tubuh akan terasa sangat penuh bahkan kesulitan bergerak setelah makan terlalu banyak.

Pada saat seperti ini dibutuhkan cara untuk mendetoks tubuh untuk membantu mengeluarkan sisa asupan yang masuk dan menumpuk dalam tubuh. Ternyata ada 5 cara alami yang dikatakan mampu membantu detoks tubuh setelah makan terlalu banyak.

Berikut ini 5 cara alami untuk detoks tubuh setelah makan banyak menurut Times of India (8/11).

Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks TubuhMakan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock

1. Hindari berbicara negatif pada tubuh

Walaupun kamu telah melakukan kesalahan dengan makan terlalu banyak, upayakan untuk tidak mengutuk dirimu sendiri. Sesekali makan banyak tidak terlalu berbahaya dan berdosa.

Saat ingin fokus dengan metode clean-eating, makan makanan favorit yang tidak terlalu sehat sesekali masih diperbolehkan. Permasalahannya hanya akan terjadi jika makan berlebihan ini dilakukan dalam waktu yang cukup sering.

Berpikir positif diketahui lebih ampuh untuk membantu mengendalikan nafsu makan dibandingkan berbicara buruk pada diri sendiri. Berbicara buruk pada diri sendiri tidak akan membantu apapun, justru menambahkan beban stres yang berlebihan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak

2. Coba olahraga ringan

Setelah makan terlalu banyak dan memasukkan kalori berlebihan ke dalam tubuh, olahraga ringan menjadi jalan keluar. Untuk membantu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, olahraga ringan akan sangat membantu.

Tidak perlu olahraga yang berat atau terlalu banyak. Memulai dengan olahraga ringan tetapi sering akan lebih efektif untuk membakar kalori.

Upayakan untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu membebani tubuh dan tetap memberikan tubuh waktu untuk beristirahat. Misalnya seperti berjalan atau melakukan yoga di rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com