7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 18 Mei 2021 05:00 WIB
7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi menuntut kekuatan imun yang sangat kuat. Konsumsi 7 makanan kaya zinc dan vitamin ini disebut dapat bantu kuatkan imunitas.

Pandemi virus Corona masih belum berakhir. Mutasi virus baru bahkan telah ditemukan yang dikatakan lebih kuat dari jenis virus sebelumnya.

Situasi yang masih tinggi risiko akan penyakit seperti ini menuntut kekuatan imun yang sangat kuat untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan bergizi serta memenuhi kebutuhan nutrisi menjadi cara terbaik untuk menyiapkan imunitas yang kuat.

Beberapa makanan tinggi nutrisi dan mineral sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Misalnya seperti makanan-makanan yang tinggi vitamin dan zinc.

Berikut ini 7 makanan kaya zinc dan vitamin untuk bantu kuatkan imunitas menurut Food NDTV (15/5).

7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh Foto: iStock

1. Oatmeal

Oatmeal seringkali menjadi alternatif sarapan yang lebih sehat. Oatmeal mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang bahkan dihubungkan dengan kemampuan menurunkan risiko penyakit jantung.

Konsumsi oatmeal sebanyak 64 gram dapat memenuhi kebutuhan zinc sebanyak 1,5 miligram dengan dilengkapi serat, beta-glucan, vitamin B6 dan folat. Kandungan yang ada pada oatmeal ini dapat membantu meregulasi kadar kolesterol dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus untuk meningkatkan imunitas.

2. Kacang Mete

Kacang-kacangan diketahui sebagai makanan nabati tinggi nutrisi dan mineral. Kacang mete juga dikatakan sebagai bahan nabati yang mengandung zinc terbaik.

Selain kaya akan vitamin A, K, folat dan lemak sehat, pada kacang mete yang mentah maupun yang dipanggang mengandung 1,5 miligram zinc. Makan kacang mete secara rutin dikatakan mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan mengatur kadar kolesterol baik.

Baca juga: 7 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh untuk Hadapi Pandemi Virus Corona

3. Buah yang Asam dan Beri-berian

7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh Foto: iStock

Sel darah putih menjadi elemen penting untuk membantu melawan infeksi dari bakteri. Buah yang asam seperti lemon, nanas dan beri-berian memiliki kandungan vitamin C yang baik yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

Vitamin C tidak bisa dibentuk secara alami oleh tubuh, sehinggaasupan makanan tinggi vitamin C sangat dibutuhkan. Untuk tetap menjaga kesehatan dan imunitas, disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C yang berkisar antara 75 miligram - 90 miligram.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com