7 Makanan Penambah Imun untuk Kurangi Risiko Gejala Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 05 Des 2020 06:00 WIB
Woman eating cereals with yogurt for breakfast Foto: iStock
Jakarta -

Serangan virus Covid-19 bisa dicegah lewat konsumsi makanan yang tepat. Berikut 7 makanan penambah imun untuk kurangi risiko gejala Covid-19.

Makanan menjadi sumber utama pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika nutrisi pada tubuh tercukupi maka kinerja tubuh akan menjadi optimal.

Asupan nutrisi juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan. Pemenuhan nutrisi akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan gejala-gejala penyakit yang mungkin menyerang.

Terutama pada situasi yang rentan serangan virus seperti sekarang. Asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh harus sangat diperhatikan.

Elisa Bremner, seorang ahli gizi, merekomendasikan beberapa makanan yang baik untuk tingkatkan imunitas.

Berikut 7 makanan penambah imun untuk kurangi risiko gejala Covid-19, seperti dilansir melalui Eat This, Not That!(29/11):

1. Jamur

Jamur sejak lama terkenal dengan fungsinya untuk ciptakan kekebalan tubuh. Akhir-akhir ini, nama jamur muncul dalam literatur ilmiah yang membahas makanan yang membantu mengurangi risiko terjangkit virus. Jamur tidak hanya bisa meningkatkan jumlah dan kekuatan sel-sel imun tubuh, tetapi juga menjadi satu satu-satunya sumber alami vitamin D, kata Bremner.

Vitamin D juga berperan penting dalam pencegahan penyakit menular. Bremner merekomendasikan konsumsi jamur shitake sebagai sumber mineral yang penting untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan Baru Ini Terbentuk Karena Virus Corona

2. Paprika Merah

Ternyata Tidak Hanya Berbeda Warna, Paprika Juga Punya Jenis KelaminFoto: iStock

Paprika merah mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan ini membantu memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Paprika merah bisa ditambahkan pada masakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh.

"Kebanyakan orang, ketika mereka memikirkan vitamin C, hanya terlintas jeruk, tetapi paprika dikemas dengan lebih banyak lagi," kata Bremner.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com