8 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 14 Mei 2021 05:00 WIB
8 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran Foto: iStock
Jakarta -

Banyak menu Lebaran tergolong tinggi kolesterol. Untuk mengatasinya, 8 makanan ini bisa bantu turunkan kolesterol setelah menyantapnya.

Saat perayaan Idul Fitri atau Lebaran biasanya akan banyak suguhan dan sajian makanan khas Lebaran. Tak sedikit dari makanan-makanan ini yang mengandung tinggi lemak dan cukup riskan untuk kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol cukup sensitif terhadap asupan yang masuk ke dalam tubuh. Terutama jika mengonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti daging, santan dan makanan-makanan lainnya.

Makanan tinggi lemak ini sangat banyak disajikan saat lebaran seperti rendang, opor ayam, sayur ketupat dan banyak lainnya. Untuk mengatasi kolesterol yang melonjak, beberapa bahan makanan bisa dikonsumsi untuk bantu kendalikan kolesterol.

Berikut ini 8 makanan yang bisa dikonsumsi untuk turunkan kolesterol menurut MDLinx (24/10).

8 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran8 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran Foto: iStock

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang sangat baik. Kacang-kacangan juga menjadi sumber antioksidan dan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang seperti almond tidak hanya dapat menurunkan kolesterol buruk tetapi juga dapat meningkatkan kolesterol baik. Selain almond, beberapa kacang lainnya juga memiliki manfaat yang sama misalnya kacang kenari dan kacang mete.

2. Alpukat

Alpukat menjadi buah yang memiliki lemak tak jenuh tunggal, serat larut dan tak larut serta banyak nutrisi lainnya. Serat larut memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasi pada jurnal American Heart Association juga telah membuktikannya dengan melibatkan orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Hasilnya, partisipan yang makan setidaknya sebuah alpukat dalam sehari memiliki pengurangan kolesterol yang buruk dalam jumlah yang sangat baik.

3. Brokoli

8 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran8 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran Foto: iStock

Para peneliti telah membuktikan sayuran cruciferous seperti brokoli dapat menurunkan plasma lipid dan kadar kolesterol. Pada sbeuah penelitian yang melibatkan dua jenis percobaan diet secara acak, orang yang makan 400 gram brokoli dalam seminggu terbukti mengalami penurunan kadar kolesterol buruk.

"Pada kadar populasi, 1% pengurangan kolesterol buruk memiliki kaitan dengan 1-2% penurunan risiko arteri koroner," kata penulis utama penelitian.

Baca juga: 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Tidak Sulit Didapat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com