10 Makanan Sunah Ramadan Ini Mengandung Nutrisi Super untuk Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 01 Mei 2021 03:00 WIB
Sering Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Lakukan 5 Hal Ini untuk Kurangi Efek Buruknya Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang tergolong makanan sunah ramadan. Bahan makanan ini dianjurkan konsumsinya dalam agama Islam karena memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh saat berpuasa.

Saat ramadan, penting bagi kita memastikan tubuh mendapat asupan makanan dan minuman yang bergizi. Untuk makanan, pilihlah makanan sehat yang padat nutrisi sehingga membuat tubuh tetap berstamina walau seharian berpuasa.

Begitupun dengan minuman. Usahakan minum yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dalam agama Islam, ada beberapa makanan yang tergolong makanan sunah ramadan.

Makanan ini disebut dalam Alquran dan Sunnah karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa. Beberapa di antaranya adalah buah dan sayur segar, ikan, serta kacang lentil.

Berikut 10 makanan sunah ramadan yang baik dikonsumsi selama bulan puasa:

1. Labu

Muffin Labu Kuning.Foto: iStock

Kebanyakan jenis labu sangat disarankan untuk dimakan pada bulan ramadan. Sebab labu tinggi kandungan air, bahkan ada yang mencapai 94-97% air. Karenanya konsumsi labu tak hanya mengenyangkan, tapi juga menghidrasi tubuh.

Labu bisa diolah menjadi beragam hidangan enak, misalnya sup dan kolak. Atau bisa juga sekadar dipanggang untuk menu praktis sahur maupun buka puasa.

2. Lentil

Lentil adalah kacang-kacangan yang tergolong makanan sunah ramadan. Lentil rendah kolesterol dan konsumsinya baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, lentil tersusun dari 26% protein.

Kelebihan lainnya, lentil merupakan campuran serat dan karbohidrat kompleks sehingga saat dimakan akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Kadar gula darah juga bakal lebih stabil. Masak lentil jadi sup untuk hidangan ramadan menggugah selera.

3. Melon

Berbagai jenis buah melon, termasuk cantaloupe dan semangka juga bagus dikonsumsi selama ramadan. Melon tinggi kandungan serat dan air, bahkan bisa mengandung 90% air.

Makan melon akan membuat tubuh terhidrasi, sekaligus membantu menyembuhkan sakit perut atau masalah lambung. Melon bisa dimakan langsung dalam bentuk buah potong atau dijadikan smoothies sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com