Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 02 Mei 2021 14:00 WIB
Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter Foto: iStock

Selain itu, berikut ini 2 makanan sebelum vaksin dan setelah vaksin yang harus dihindari:

Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut DokterDaftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter Foto: iStock

1. Makanan Olahan

Menurut Dr. Sonpal, makanan olahan sangat tinggi gula yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan berdampak menyebabkan gangguan imunitas. Ketika imun terganggu, virus dan patogen akan lebih muda masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi.

Makanan olahan juga dikatakan dapat meningkatkan risiko inflamasi. Ketika risiko inflamasi meningkat, tubuh akan memiliki kemampuan untuk melawan infeksi virus dan patogen yang menurun.

2. Alkohol

Setelah menerima vaksinasi, sebaiknya hindari konsumsi minuman alkohol untuk menjaga efektifitas vaksin dan bakteri baik yang membantunya di dalam tubuh. Dr. Sonpal mengatakan bahwa alkohol dapat menekan imunitas menjadi menurun.

Hal tersebut disebabkan oleh efek alkohol yang dapat mengurangi bakteri sehat dalam perut dan membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi. Tak hanya kaitannya dengan keseimbangan bakteri baik, konsumsi alkohol setelah vaksin juga dapat memperburuk gejala yang dirasakan setelah menerima vaksinasi.

Baca juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Vaksinasi COVID-19

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com