10 Jenis Kacang-Kacangan Sehat dan Tinggi Protein, Cocok Jadi Camilan

Novia Aisyah - detikFood Kamis, 29 Apr 2021 07:00 WIB
kacang-kacangan Foto: iStock/FAO Indonesia
Jakarta -

Kacang-kacangan sehat adalah salah satu jenis makanan yang paling direkomendasikan karena kandungan protein dan seratnya.

Selain itu, kacang-kacangan juga dikenal mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan di dalam dan luar tubuh, untuk organ-organ serta kulit.

Cocok jadi camilan, saat bulan Ramadhan ini. Kamu juga boleh mengonsumsi kacang-kacangan untuk menambah asupan protein nabati yang sehat.

Apa saja jenis kacang-kacangan sehat yang bisa kamu konsumsi?

1. Almond

Kacang almond selalu terkenal dengan keahliannya menyeimbangkan kolesterol.

Selain itu, almond juga makanan yang tak boleh dilewatkan untuk pengidap obesitas atau kelebihan berat badan.

Melansir dari Women's Health, tingginya kandungan vitamin E dalam kacang almond sangat bermanfaat untuk meredakan inflamasi.

Menurut sebuah studi yang dipublikasi oleh NCBI, almond sangat membantu menurunkan risiko kanker kolon. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan kamu mengolah almond dengan cara dipanggang agar tak menambah kandungan lemak.

2. Walnut

Walnut sangat cocok untuk menjadi teman mengkonsumsi oatmeal, roti, dan semacamnya.

Walnut dihubungkan dengan manfaat untuk menurunkan risiko sakit jantung, kolesterol, hingga tekanan darah tinggi dan inflamasi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Pribis dan diterbitkan dalam NCBI, mengkonsumsi kacang walnut sangat bermanfaat untuk performa kognitif orang dewasa.

3. Kacang Brazil

Dalam hal kecantikan, kacang Brazil sangat baik untuk kesehatan kulit dan kuku.

Melansir dari Womens' Health, seorang ahli diet bernama Kelly R. Jones mengatakan bahwa kacang Brazil mengandung banyak selenium.

Selenium adalah mineral yang berkaitan dengan produksi hormon tiroid dan sangat bermanfaat untuk produksi antikoksidan yang dapat mencegah kanker.

4. Kacang mete

Kacang mete adalah salah satu kacang-kacangan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan zat besinya yang paling tinggi.

Kacang mete adalah kacang-kacangan yang mampu meningkatkan kesehatan tekanan darah dan tinggi antioksidan.

Untuk menjaga berat badan dan keseimbangan kolesterol, kacang mete juga salah satu jenis makanan yang paling direkomendasikan.

Kacang mete panggang bisa jadi camilan sehat untuk berbuka ataupun sahur.

5. Kacang Makadamia

Melansir dari Women's Health, seorang ahli diet bernama Michalczyk mengatakan bahwa makadamia adalah jenis kacang-kacangan yang tinggi B1, mangan, tembaga, dan lemak sehat.

Dirinya juga menambahkan bahwa kacang makadamia cocok untuk dikonsumsi bersama salad, ayam, dan ikan-ikanan.

Menurut American Heart Association, diet makadamia sama dengan diet jantung sehat. Sebagai tambahan, kacang makadamia menurunkan risiko inflamasi.

6. Kacang tanah

Jenisnya yang sangat mudah didapat dan terjangkau membuat kacang tanah menjadi salah satu kacang-kacangan sehat paling direkomendasikan untuk dimakan ketika berbuka maupun sahur.

Sebetulnya, kacang tanah bukanlah jenis kacang sama sekali, melainkan sejenis legum atau polong-polongan.

Walau terbilang murah dan mudah didapatkan, kacang tanah kaya akan magnesium dan fosfor.

Melansir dari Healthline, sebuah studi menerbitkan bahwa 120.000 orang yang mengkonsumsi kacang tanah secara rutin memiliki tingkat kematian lebih rendah.

7. Pistachio

Baik untuk dimakan bersama salad maupun sebagai camilan, pistachio dianjurkan untuk dikonsumsi karena tinggi antioksidan dan nutrisi.

Pistachio juga merupakan jenis kacang yang sangat umum dikonsumsi karena tingginya kandungan serat di dalamnya.

Jenis kacang ini mampu membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan juga kelebihan berat badan.

8. Pecan

Pecan dikenal dengan manfaatnya untuk metabolisme karena tingginya vitamin B di dalamnya.

Namun, kacang ini juga merupakan sumber thiamin dan vitamin E, sehingga cocok untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari.

Detikers dapat mengkonsumsi pecan bersama dengan yogurt, oatmeal, sup, dan banyak lainnya.

Tak lupa kandungan antioksidan di dalam pecan juga membantu menurunkan kolesterol jahat.

9. Kacang pinus

Kacang pinus adalah sumber zat besi yang baik sehingga untuk kelancaran peredaran oksigen dalam darah. Selain zat besi, kandungan vitamin E dan K serta magnesium di dalam kacang pinus juga tidak dapat diremehkan.

Kacang pinus dapat dikonsumsi dengan hidangan sehari-hari, seperti untuk topping ayam, ikan, salad, pasta, dan sebagainya.

10. Hazelnut

Ketika mengkonsumsi hazelnut, penting untuk diingat agar tidak mengupas kulitnya karena di situlah kandungan antioksidan terbanyak didapatkan dari kacang ini.

Sama seperti jenis kacang-kacangan yang lain, konsumsi hazelnut juga menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol, inflamasi, dan meningkatkan fungsi peredaran darah.

Khusus tentang peredaran darah, hazelnut dapat meningkatkan jumlah vitamin E di dalam darah.

Itu tadi 10 daftar jenis kacang-kacangan sehat yang sangat cocok untuk detikers konsumsi setiap hari. Kandungan yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk pertumbuhan sel tubuh dan juga lancarkan pencernaan.

(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com