7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Senin, 26 Apr 2021 03:00 WIB
7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi Foto: iStock
Jakarta -

Makan sehat sebenarnya tak perlu bahan-bahan khusus yang cukup mahal. Berikut ini 7 cara mudah yang bisa ditiru agar makanan jadi lebih sehat.

Makanan sehat lebih banyak diketahui menggunakan bahan-bahan sehat organik yang cukup mahal. Misalnya seperti daging-dagingan tanpa lemak, sayuran dan buah organik serta bahan-bahan lainnya.

Ternyata untuk makan sehat tidak memerlukan bahan-bahan khusus. Makan sehat bukan hanya bergantung pada jenis bahan makanan yang digunakan, tetapi juga pada komposisi makanan yang dikonsumsi.

Ahli gizi bahkan juga mengatakan bahwa makan sehat tak harus dengan bahan-bahan khusus di supermarket. Beberapa cara mudah dikatakan mampu membuat makanan menjadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk membuat makan menjadi sehat yang direkomendasikan oleh ahli gizi menurut Metro UK (21/4).

7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi Foto: iStock

1. Penuhi Piring dengan Sayur

Sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayuran menjadi salah satu komponen makanan yang dianjurkan untuk selalu ada di dalam piring makan.

Beragam jenis sayuran semuanya memiliki kandungan yang sama, baik sayuran segar, beku maupun kalengan. Memenuhi kebutuhan sayuran akan membantu tubuh agar tetap bugar dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

2. Tambahkan Lemak Sehat

Sejumlah lemak sehat yang berasal dari tumbuhan atau ikan, misalnya, menjadi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak semua lemak harus dihindari karena lemak juga dibutuhkan untuk melarutkan vitamin A, D, E dan K.

Makanan-makanan yang mengandung lemak sehat misalnya kacang-kacangan, ikan atau alpukat. Menambahkan lemak sehat bahkan hanya seukuran ibu jari dikatakan oleh para ahli gizi sudah cukup untuk membuat makanan menjadi lebih seimbang.

Baca juga: Konsumsi Makanan dengan 5 Tips ini Agar Tubuh Lebih Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com