8 Tanda Tubuh Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Air

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 06:00 WIB
Pamer Hasil Kerjanya, Petugas Kebersihan Ini Nekat Minum Air WC Foto: Global Times/iStock
Jakarta -

Air sangat penting bagi tubuh manusia, dan tetap terhidrasi harus menjadi prioritas utama bagi siapa pun yang ingin menjalani pola hidup sehat.

Namun, terlalu banyak minum air dilaporkan dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang berkisar dari iritasi ringan hingga mengancam jiwa. Selain itu, hidrasi berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium membantu mengatur segalanya mulai dari ginjal hingga fungsi jantung. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak air, mungkin tidak ada cukup elektrolit di tubuh untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik.

Berikut beberapa tanda kamu terlalu banyak minum air, seperti dilansir Insider.

1. Minum air saat tidak haus

Beberapa ahli percaya bahwa banyak orang memenuhi kebutuhan air sehari-hari hanya dengan membiarkan rasa haus memberi tahu mereka kapan harus minum.

Jadi jika menenggak air bahkan saat kamu tidak haus, kamu bisa minum lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Meskipun penting untuk meningkatkan asupan air jika kamu melakukan aktivitas fisik yang berat atau di luar ruangan dalam cuaca panas, biarkan rasa haus alami menjadi panduan dalam banyak situasi.

2. Urine jernih

Anda mungkin tahu bahwa urine berwarna gelap bisa menjadi tanda dehidrasi, tetapi itu tidak berarti kamu harus berusaha menghasilkan urine yang bening.

Menurut Healthline, urine kuning pucat yang terlihat seperti limun menunjukkan tingkat hidrasi yang sehat.

Sementara urine jernih, di sisi lain, mungkin berarti kamu mengalami overhidrasi dan perlu mengurangi sedikit asupan air.

sakit kepala8 Tanda Kondisi Tubuh Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Air Foto: shutterstock

3. Sakit kepala berkepanjangan

Dilansir WebMD, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kadar natrium dalam darah turun, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan mual.

4. Sering buang air kecil

Kebanyakan orang buang air kecil enam atau tujuh kali setiap 24 jam, menurut Medical News Today. Jika kamu buang air kecil lebih sering dari itu dan perlu bangun di malam hari untuk ke kamar mandi, kamu mungkin minum terlalu banyak air.

Kondisi lain seperti infeksi saluran kemih, diabetes, masalah prostat, dan kelemahan dasar panggul juga dapat menyebabkan sering buang air kecil, jadi bicarakan dengan dokter jika merasa buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

Berikut ini tanda-tanda pada kondisi tubuh jika terlalu banyak minum air. Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com