5 Tips Makan dan Minum Air Putih Agar Tidak Gampang Haus Saat Puasa

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 25 Apr 2021 04:00 WIB
Unrecognizable Muslim Woman Offering Glass Of Water To Camera Standing In Modern Kitchen At Home, Wearing Hijab. Healthy Hydration, Drink More Water And Stay Hydrated. Selective Focus, Cropped Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Selama menjalani puasa, banyak orang yang mengaku lebih sering haus daripada lapar. Untuk meminimalisirnya lakukan tips ini saat sahur.

Selama bulan Ramadan, rasa haus pasti datang terutama di siang sampai sore hari. Apalagi jika kamu mengalami cuaca panas yang tak menentu.

Ahli diet dari Timur Tengah, Riham Shamseddine menjelaskan kalau puasa lebih dari 12 jam tentunya akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

"Sangat penting untuk mengonsumsi air putih yang cukup selama ramadan. Tentunya untuk mencegah efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing hingga kulit kering," jelas Riham, seperti dilansir dari Gulf News (24/04).

Riham memberikan beberapa tips mudah saat makan sahur. Tujuannya agar orang-orang bisa meminimalisir rasa haus ketika berpuasa.

Baca Juga: Tetap Sehat Selama Puasa dengan Ikuti 7 Tips Ini

1. Minum Air Putih Secara Berkala

Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah PuasaIni Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock

Walau waktu kita terpotong untuk meminum air dalam jumlah normal, Riham tetap menyarankan agar kita meminum air putih secara berkala.

Tak perlu terburu-buru, yang penting tubuh rutin mendapatkan asupan air putih. Kamu perlu mengaturnya dari waktu berbuka puasa sampai waktu sahur, dan tentunya sebelum waktu imsak.

Menurut jurnal dari American Heart Associaton, rata-rata orang dewasa yang sehat butuh minum 2-3 liter air putih setiap harinya.

2. Jangan Minum Air Bersamaan

Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah PuasaIni Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock

Kebanyakan orang baru meminum air putih dalam jumlah banyak, jika waktu sudah menunjukkan jelang imsak. Padahal cara ini tidak baik untuk tubuh.

Hindari meminum langsung banyak air putih dalam satu waktu karena akan membuat perut kembung. Efek lainnya tenggorokan terasa penuh sampai buang air kecil berkali-kali.

Efek hausnya juga lebih cepat kembali. Jadi sekali lagi, Riham menyarankan agar orang-orang meminum air putih secara berkala dari buka puasa sampai sahur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Buka Puasa ala Timur Tengah di Al Kabsa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com