Minum Air Putih Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 5 Sebabnya

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 06:30 WIB
Tren Minum Air Putih Foto: Istimewa
Jakarta -

Banyak penelitian yang mendukung teori bahwa minum air bermanfaat untuk diet menurunkan berat badan. Ini karena minum air memberikan beberapa manfaat sehat,

Meski beberapa peneliti masih tidak yakin minum lebih banyak air membantu seseorang menurunkan berat badan, tetapi banyak penelitian yang menunjukkan beberapa korelasi positif antara peningkatan konsumsi air dan penurunan berat badan.

Berikut 5 alasan mengapa minum air membantu menurunkan berat badan, sebagaimana dilansir dari Medical News Today.

1. Penekan nafsu makan alami

Saat perut merasa sudah kenyang, ia mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan. Air dapat membantu mengambil ruang di perut, menyebabkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Seseorang mungkin juga berpikir bahwa mereka lapar padahal sebenarnya mereka haus. Minum segelas air sebelum mengambil sesuatu untuk dimakan dapat membantu mengurangi ngemil yang tidak perlu.

Dalam sebuah studi pada 2014, 50 wanita yang kelebihan berat badan minum 500 mililiter (mL) air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam, selain konsumsi air biasa mereka, selama 8 minggu berturut-turut.

Para partisipan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh. Mereka juga melaporkan penekanan nafsu makan. Sebuah studi dari tahun sebelumnya membuahkan hasil yang serupa.

Close up of a young man drinking water from a plastic bottle . He is listening to music from small white earphones and his eyes are closed. The sun is shining strong in the background.Minum Air Putih Bantu Turunkan Berat Badan. Foto: iStock

2. Meningkatkan pembakaran kalori

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air minum dapat membantu membakar kalori.

Dalam studi pada 2014, 12 orang yang minum 500 mL air dingin dan suhu ruangan mengalami peningkatan pengeluaran energi.
Mereka membakar kalori antara 2 dan 3 persen lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah meminum air.

Minum air dingin selanjutnya dapat meningkatkan manfaat pembakaran kalori air, karena tubuh mengeluarkan energi, atau kalori, dengan memanaskan air untuk pencernaan.

3. Membantu membuang kotoran dari tubuh

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ia tidak dapat membuang kotoran dengan benar sebagai urin atau feses. Air membantu ginjal menyaring racun dan limbah sementara organ mempertahankan nutrisi dan elektrolit penting. Saat tubuh mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan tinja keras atau menggumpal dan sembelit. Air membuat limbah terus bergerak dengan melunakkan atau melonggarkan kotoran yang mengeras.

Air juga membantu tubuh pulih dari masalah pencernaan, seperti diare dan gangguan pencernaan. Saat kotoran menumpuk di tubuh, orang mungkin merasa kembung, bengkak, dan lelah. Kembung bisa menambah inci ke pinggang seseorang.

Tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk menghindari penimbunan limbah, yang dapat menambah berat badan.

Ada 2 manfaat lain minum air putih bisa memicu penurunan berat badan. Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Obat Rindu Jajanan Khas Semarang di BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com